Sunday, September 23, 2018

MOTIVASI


MOTIVASI

1.      Untuk mengingkatkan pfestasi kerja pegawai, pegawai harus diberi motivasi. Sebutkan jenis-jenis motivasi pegawai !
Jawab :
Motivasi pegawai dapat berupa :
a.      Motivasi moneter
b.      Motivasi non moneter
c.       Motivasi positif
d.      Motivasi negatif.

2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan motivasi moneter !
Jawab :
Motivasi moneter adalah usaha untuk memberikan rangsangan kepada pegawai agar pegawi berprestasi lebih tinggi lagi, dan motivasinya diujudkan dalam bentuk uang, seperti : kenaikan upah/gaji, pemberian premi, tunjangan-tunjangan, hadiah-hadiah dan lain-lain.

3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan motivasi non moneter ?
Jawab :
Motivasi non monter adalah usaha untuk meningkatkan prestasi pegawai dengan cara pemberian rangsangan yang berupa pemberian kondisi yang lebih baik, yang biasanya sukar di ukur dengan unit moneter. Contoh motivasi non moneter : penempatan kerja sesuai bakat, pemberian latihan, diberi kesempatan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, kondisi pekerjaan yang menyenangkan,   pemberian jaminan kesehatan, pem-,   berian tanda penghargaan, pemberian fasilitas rekreasi dan lain-lain.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan motivasi positif ?
Jawab :
Motivasi positif adalah bentuk motivasi yang dijalankan, dengan cara-cara yang wajar sesuai dengan sifat hu-bungan antar manusia. Pemberian motivasi ini mendasarkan diri pada kenyataan bahwa :
a.      Ada perbedaan antar individu
b.      Setiap orang punya harga diri
c.       Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda Setiap orang memiliki kepentingan timbal balik.
5.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan motivasi negatif ?
Jawab :
Motivasi negatif adalah motivasi yang diberikan tanpa memperhatikan sifat hubungan antar manusia. Biasanya, bentuk motivasi negatif ini berupa pemberiah ancaman-ancaman bagi pegawai yang kurang berprestasi.
          6.Bagaimana cara memotivasi seseorang itu ?
             Jawab :
Beberapa taktik dari segi psikologi yang dapat meningkatkan motivasi seorang pegawai adalah:
1. Karyawan perlu diberikan pernyataan secara rutin dan berkala akan kontribusinya kepada perusahaan. Peran dan fungsi masing-masing karyawan harus diingatkan dan dihargai agar tercipta ikatan moral yang kuat dengan perusahaan.
2. Target dan tantangan di masa depan perlu digambarkan secara efektif kepada para karyawan. Perasaan antisipasi akan masa-masa yang akan datang ini akan membuat karyawan lebih siap dan lebih rajin.
3. Taktik lain yang telah teruji dan terbukti adalah menjalin rasa kekeluargaan dan kebersamaan karyawan. Berikan sarana agar hubungan antar karyawan terjalin dengan baik. Lingkungan kerja yang harmonis akan semakin menguatkan motivasi karyawan.
4. Motivasi internal akan lebih menguatkan loyalitas daripada motivasi eksternal.
Karena, bisa saja karyawan malah lebih termotivasi untuk pindah ke perusahaan lain yang memberikan kompensasi (contoh motivasi eksternal) yang lebih besar. Perusahaan harus mampu menyediakan prasarana untuk menumbuhkembangkan motivasi internal ini.
Karyawan yang termotivasi secara internal berarti diberikan tugas yang cukup menantang, wewenang dan tanggung jawab yang mampu memunculkan perasaan bangga, serta penghargaan berkelanjutan atas pencapaian-pencapaiannya.
5. Karyawan harus mampu memahami secara jelas dan eksplisit apa yang dituntut perusahaaan kepadanya. Seorang karyawan mesti diberikan informasi yang detail dan fasilitas yang mendukung untuk keberhasilan kerjanya.
7. Sebutkan macam-macam teori motivasi ?
    Jawab :
            1) Teori Instink 
Menurut teori dari Mc Dougall , ini tindakan setiap diri manusia diasumsikan seperti tingkah jenis animal/binatang.Tindakan manusia itu dikatakan selalu berkaitan dengan instink atau pembawaan. Dalam memberikan respon terhadap adanya kebutuhan seolah-olah tanpa dipelajari.
2)  Teori Fisiologi
Teori ini di sebut juga “Behaviour theories”. Menurut teori ini semua tindakan manusia itu berakar pada usaha memenuhi kepuasan dan kebutuhan organik atau kebutuhan untuk kepentingan fisik. Atau kebutuhan untuk kepentingan fisik. Atau di sebut sebagai kebutuhan primer, seperti kebutuhan tentang makanan, minuman, udara, dan lain-lain yang diperlukan untuk kepentingan tubuh seseorang. Dari teori inilah muncul perjuangan hidup, perjuangan untuk mempertahankan hidup, struggle for survival. 
3) Teori Psikoanalitik
Teori dari Freud (Sardiman AM,2001) , ini mirip dengan Teori Instink, tetapi lebih ditekankan pada unsur-unsur kejiwaan yang ada pada diri manusia. Bahwa setiap tindakan manusia karena adanya unsur pribadi manusia yakni id dan ego.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...