Sunday, September 23, 2018

FUNGSI MANAJEMEN


FUNGSI  MANAJEMEN


1. Coba saudara jelaskan tentang Fungsi manajemen , seperti yang diungkapkan oleh beberapa ahli ?

Jawab :
Fungsi Manajemen adalah :
1.      Planning (Perencanaan )
2.      Pengorganisasian (organizing)
3.      Penggerakkan /Pengarahan (Actuating)
4.      Pengawasan (Controlling)

2. Jelaskan pula fungsi fungsi lain yang berkaitan dengan fungsi Penggerakkan ?

Jawab :
1.      Pengadaan/penataan pegawai (Staffing)
2.      Koordinasi (Coordinating)
3.      Komunikasi (Comunication)
4.      Motivasi (Motivation)
5.      Kepemimpinan (Leadership)

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi Perencanaan ?

Jawab :
Perencanaan ,Pengertian Perencanaan adalah sebagai hasil pemikiran yang mengarah ke masa depan, yaitu menyangkut serangkaian tindakan yang berdasarkan pemahaman yang mendalam terhadap semua faktor yang terlibat dan yang diarahkan kepada sasaran khusus. Dengan kata lain, perencanaan ialah penentuan serangakaian tindakan berdasarkan pemilihan dari berbagai alternatif data yang ada, dalam hal ini dirumuskan dalam bentuk keputusan yang akan dikerjakan untuk masa yang akan datang dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi Pengorganisasian ?

Jawab :
Pengorganisasian .Setelah perencanaan, langkah berikutnya adalah menciptakan organisasi untuk melaksanakan rencana yang telah dirumuskan. Organisasi pada hakikatnya mempunya tiga komponen, yaitu fungsi, personalia dan faktor-faktor sarana fisik. Proses organisasi berusaha mempersiapkan ketiga komponen tersebut sedemikian rupa agar dapat memperlancar pencapaian tujuan perusahaan. Dengan demikian, pengorganisasian didefinisikan sebagai suatu proses menciptakan hubungan antara personalia, fungsi-fungsi dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi Penggerakkan (Actuating) ?

Jawab :
Penggerakan (Pengarahan)Langkah selanjutnya yaitu pengarahan, fungsi pengarahan ini ialah gerak pelaksanaan dari kegiatan-kegiatan fungsi perencanaan dan pegorganisasian. Pengarahan dapat diartikan sebagai suatu aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan pikiran dan tenaganya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berarti ruang lingkup pengarahan pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan elisie.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi Pengawasan (Controlling) ?

Jawab :
 Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilakukan dalam manajemen, karena dengan pengawasan dapat diketahui hasil yang telah tercapai. Dalam hal ini berarti bahwa dengan pengawasan akan dapat mengukur seberapa jauh hasil yang telah dicapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan.Pengertian Pengawasan adalah sebagai suatu kegiatan mendeterminasi apa-apa yang telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan untuk segera mengetahui kemungkinan terjadinya penyimpangan dan hambatan, sekaligus mengadakan koreksi untuk memperlancar tercapainya tujuan. Fungsi ini dapat menjamin bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan hasil yang diinginkan

7. Jelaskan pula Staffing yang terkait dengan fungsi Penggerakkan (Actuating)!!

Jawab :
Staffing , adalah kegiatan untuk memperoleh karyawan yang efektif yang akan mengisi jabatan kosong didalam organisasi perusahaan. Tujuannyaagar semua bagian dalam perusahaan tersebut , ada yang akan melaksanakan tugasnya sehingga tujuan perusahaan akan tercapai sesuai yang diharapkan.

8. Jelaskan pula Koordinasi yang terkait dengan fungsi Penggerakkan (Actuating)!!

Jawab :
Koordinasi , adalah kegiatan mengarahkan unsur2 manajemen dan pekerjaan manajemen untuk mencapai tujuan, koordinasi merupakan tugas penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer.

9. Jelaskan pula tentang Komunikasi yang terkait dengan fungsi Penggerakkan (Actuating)!!

Jawab :
Komunikasi , adalah kegiatan manajer untuk memberikan perintah, mengkoordinasi dan menerima laporan dari bawahannya .Dimana peranan komunikasi ini sangat menentukan  berhasil tidaknya seorang manajer dalam mencapai tujuan perusahaan.

10. Jelaskan pula tentang Motivasi yang terkait dengan fungsi Penggerakkan (Actuating)!!

Jawab :
Motivasi, adalah bagaimana mendorong gairah kerja karyawan agar mereka mau bekerja dengan baik, memberikan semua kemampuan dan keterampilannya untuk mewujudkan atau mencapai tujuan perusahaan.

11. Jelaskan pula tentang kepemimpinan yang terkait dengan fungsi Penggerakkan (Actuating)!!

Jawab : 
Kepemimpinan (Leadership), Kepemimpinan adalah sebuah keputusan yang merupakan hasil proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...