Sunday, November 12, 2017

Tanya Jawab Pengorganisasian



 PENGORGANISASIAN ( ORGANIZING )

1.Jelaskan tentang pengertian organisasi ?

Jawab :
Organisasi adalah satuan sosial yang dikoordinasi secara sadar yang tersusun atas 2 orang atau lebih yang berfungsi atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu   tujuan atau seperangkat tujuan bersama. Atau dengan perkataan lain, Organisasi adalah suatu usaha bersama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.

1.      Apa yang dimaksud  dengan pengertian pengorganisasian ?
Jawab :
Pengorganisasian (organizing) adalah penetapan struktur peran-peran melalui penentuan aktivitas-aktitivas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan dan bagian-bagiannya, pengelompokan aktivitas kepada manajer-manajer, pendelegasian wewemang dan informasi baik horizontal maupun vertikal dalam struktur organisasi.

3.Jelaskan pengertian Pengorganisasian menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan ?
Jawab :
Drs. Malayu S.P. Hasibuan
Pengorganisasian adalah suatu proses penentuan, pengelompokan dan pengaturan bermacam-macam yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada setiap aktivitas ini, menyediakan orang-orang pada setiap aktivitas ini, menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara relatif didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.
Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

4. Jelaskan pengertian Pengorganisasian menurut George Terry ?
Jawab :
George R. Terry
Pengorganisasian adalah tindakan mengusahakan hubungan-hubungan kelakuan yang efektif antara orang-orang, sehingga mereka dapat bekerja sama secara efisien dan dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam hal melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau sasaran tertentu.

5. Jelaskan pengertian Pengorganisasian menurut Drs.Manulang ?
Jawab :
Drs. M. Manullang
Organisasi dalam arti dinamis (Pengorganisasian) adalah suatu proses penetapan dan pembagian pekerjaan yang akan dilakukan, pembatasan tugas-tugas atau tanggung jawab serta wewenang dan penetapan hubungan-hubungan antara unsur-unsur organisasi, sehingga memungkinkan orang-orang dapat bekerja bersama-sama seefektif mungkin untuk pencapaian tujuan. Secara singkat Organisasi adalah suatu perbuatan Diferensiasi tugas-tugas.

6..Apa saja yang termasuk unsur Organisasi ?

jawab :

 Yang termasuk  unsur2 organisasi adalah :

1.      Manusia (Human Factor), Manusia yang bekerja sama, ada pemimpin dan ada yang dipimpin (Bawahan)
2.      Tempat kedudukan
3.      Tujuan yang ingin dicapai
4.      Pekerjaan yang akan dikerjakan serta adanya pembagian pekerjaan
5.      Struktur, Hubungan dan kerja sama antar manusia yang satu dan lainnya.
6.      Teknologi, terdapat unsur teknis
7.      Lingkungan (Environment External Social System), lingkungan yang saling mempengaruhi misalnya ada sistem kerja sama sosial.

7.Mengapa organisasi penting dalam manajemen   ?
Jawab :
1.      Karena organisasi merupakan syarat utama adanya manajemen, tanpa ada organisasi tidak ada manajemen.
2.      Merupakan wadah dan alat untuk melaksanakan manajemen dalam mencapai tujuan.
3.      Merupakan tempat kerjasama formal dari sekelompok orang dalam mencapai tujuan.
4.      Mempunyai tujuan yang ingin dicapai.

8.Apa saja tahapan dalam proses mengorganisasi ?
 Jawab :
1.      Menentukan tujuan yang akan dicapai.
2.      Menyusun rencana dan kebijakan yang akan dipergunakan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan
3.      Menentukan seluruh kegiatan yang akan dipergunakan untuk melaksanakan rencana dan kebijakan tersebut.
4.      Menghitung dan mengklasifikasikan kegiatan yang ada.
5.      Mengelompokkan kegiatan yang sama dalam satu kelompok kegiatan, serta menentukan departemen yang mewadahi kegiatan setiap kelompok kegiatan yang telah ditentukan.
6.      Memberikan tugas dan wewenang untuk melakukan kegiatan untuk masing masing kelompok kegiatan (perdepartemen)

9.Jelaskan tentang pengertian dan dasar Departementasi !!
Jawab :
Departementasi adalah kegiatan menentukan wadah bagi setiap kelompok kegiatan. Biasanya wadah ini dinamakan departemen atau bagian.
Dasar pendepartemenan :
1.      Dasar fungsi . Yaitu penentuan departemen dalam organisasi yang didasarkan pada fungsi operasionalnya.
2.      Dasar wilayah atau regional. Yaitu penentuan departemen yang didasarkan pada daerah kerjanya.
3.      Dasar produk. Yaitu penentuan departemen berdasarkan hasil produksinya.
4.      Dasar proses produksi. Yaitu penentuan departemen berdasarkan proses yang ada.
5.      Dasar langganan. Yaitu penentuan departemen yang didasarkan pada kondisi langganan.
6.      Dasar waktu kerja. Yaitu penentuan departemen berdasarkan giliran waktu kerja.
Didalam praktek, penyusunan departemen dalam organisasi, hampir selalu menggunakan dasar kombinasi.
10.Jelaskan tentang bentuk-bentuk Organisasi berdasarkan strukturnya !!
Jawab :  Berdasarkan strukturnya, bentuk organisasi dapat dibedakan atas :
1.      Organisasi garis (line organization )
2.      Organisasi garis dan staf
3.      Organisasi Fungsional
4.      Organisasi berdasarkan komite
11.Jelaskan tentang Organisasi garis ( Line Organization)
Jawab :
Organisasi garis merupakan bentuk organisasi tertua, dan paling sederhana. Organisasi dengan jumlah karyawan sedikit dan pemiliknya merupakan pimpinan tertinggi didalam perusahaan/organisasi yang mempunyai hubungan langsungdengan bawahannya. Di sini setiap bagian-bagian utama langsung berada dibawah seorang pemimipin serta pemberian wewenang dan tanggung jawab bergerak vertical ke bawah dengan pendelegasian yang tegas, melalui jenjang hirarki yang ada.
12.Jelaskan tentang bentuk Organisasi Garis dan Staf ?
Jawab :
Dalam organisasi ini ada dua kelompok orang-orang yang berpengaruh dalam menjalankan organisasi itu, yaitu :
a. Orang yang melaksanakan tugas pokok organisasi dalam rangka pencapaian tujuan, yang digambarkan dengan garis atau lini.
b. Orang yang melakukan tugasnya berdasarkan keahlian yang dimilikinya, orang ini berfungsi hanya untuk memberikan saran-saran kepada unit operasional. Orang-orang tersebut disebut staf.
Di dalam organisasi garis dan staf , Terdapat spesialisasi yang beraneka ragam yang dipergunakan secara maksimal.Dimana dalam melaksakan pekerjaannya, anggota atau lini dapat menerima pengarahan serta informasi dari staf. disamping itu pengarahan yang diberikan staf dapat dijadikan pedoman bagi pelaksana.Staf mempunyai pengaruh yang besar dalam pelaksanaan pekerjaan.
13. Jelaskan pula tentang jenis bentuk Organisasi fungsional !!
Jawab :
Organisasi dengan bentuk ini merupakan suatu organisasi yang berdasarkan pembagian tugasnya serta kegiatannya pada spesialisasi yang dimiliki oleh pejabat-pejabatnya. Organisasi ini tidak terlalu menekan hilarki sturtural, tetepai lebih pada sifat dan pungsi yang perlu dijalankan.
Dalam organisasi ini seorang bawahan dapat menerima beberapa instruksi dari beberapa pejabat serta harus mempertanggung jawabkannya pada masing-masing pejabat yang bersangkutan.
14.Jelaskan tentang bentuk Organisasi komite/panitia  !!
Jawab:
Komite adalah suatu badan yang terdiri dari sekumpulan orang yang diberi kekuasaan tertentu dan dengan berunding mereka dapat membuat keputusan bersama-sama.
Dengan adanya komite, diharapkan dapat menghilangkan iri hati atau pertentangan diantara anggota kelompok dan dapat dihindari hambatan-hambatan yang timbul akibat adanya perintah perintah yang simpang siur antara pimpinan yang sesingkat :
Komite dapat dibagi atas 4 macam yaitu :
Ø Komite yang mempunyai kekuasaan penuh untuk bertindak (biasanya terdapat pada tingkatan instrusional)
Ø Komite yang tidak mempunyai kekuasaan, tetapi mempunya hak untuk menolak (hak veto).
Ø Komite penasehat.
Ø Komite pendidikan yang merupakan kelompok diskusi.
15.Untuk terwujudnya suatu organisasi yang baik serta efektif dan  efisien, maka harus didasarkan pada asas2 organisasi , jelaskan !!
Jawab :
1. Azas Tujuan Organisasi (Principle of organizational objectives)
Tujuan organisasi harus jelas dan rasional; apakah bertujuan untuk mendapatkan laba ataukah untuk memberikan pelayanan. Hal ini merupakan bagian penting dalam menentukan struktur organisasi.
2. Asas Kesatuan Tujuan (Principle of unity of objective)
Suatu organisasi harus ada kesatuan yang ingin dicapai. Organisasi secara keseluruhan dan tiap-tiap bagiannya harus berusaha untuk mencapai tujuan tersebut.organisasi akan kacau bila tidak memiliki kesatuan tujuan. 
3. Azas Kesatuan Perintah (Principle of unity of command)
Setiap bawahan menerima perintah ataupun memberikan pertanggungjawaban hanya kepada satu orang atasan, namun seorang atasan dapat memerintah beberapa orang bawahan. 
4. Asas Rentang Kendali (Principel of the span of management)
Seorang manajer hanya dapat memimpin secara efektif sejumlah bawahan tertentu, misalnya 3 sampai 9 orang. Jumlah bawahan ini tergantung kecakapan dan kemampuan manajer bersangkutan. 
5. Asas Pendelegasian Wewenang (Principle of delegation of authority)
Hendaknya pendelegasian wewenang dari seorang atau sekelompok orang kepada orang lain jelas dan efektif sehingga seorang manajer mengetahui wewenangnya. 
6. Azas Keseimbangan Wewenang Dan Tanggung Jawab (Principle of parity of authority and responsibility)
Wewenang dan tanggung jawab harus seimbang. Wewenang yang didelegasikan dengan tanggung jawab yang timbul harus sama besarnya, hendaknya wewenang yang didelegasikan tidak meminta pertanggungjawaban yang lebih besar dari wewenang itu sendiri ataupun sebaliknya.
7. Azas Tanggung Jawab (Principle of responsibility)
Pertanggungjawaban dari bawahan terhadap atasan harus sesuai dengan garis wewenang (line authority) dan pelimpahan wewenang. Dengan kata lain, seseorang hanya akan bertanggung jawab kepada orang yang melimpahkan wewenang tersebut. 
8. Azas Pembagian Kerja (Principle of departmentation)
Pengelompokan tugas-tugas, pekerjaan atau kegiatan-kegiatan yang sama ke dalam satu unit kerja hendaknya didasarkan atas eratnya hubungan pekerjaan tersebut. 
9. Azas Penempatan Personalia (Principle of personnel placement). 
Penempatan orang-orang pada setiap jabatan harus didasarkan atas kecapakan, keahlian dan keterampilannya (the right man, in the right job) : mismanagement penempatan harus dihindarkan. Efektivitas organisasi yang optimal memerlukan penempatan karyawan yang tepat. Untuk itu harus dilakukan seleksi yang objektif dan berpedoman atas job specification dari jabatan yang akan diisinya. 
10. Azas Jenjang Berangkai (Principle of scalar chain)
Saluran perintah atau wewenang dari atas ke bawah harus merupakan mata rantai vertical yang jelas dan tidak terputus-putus serta menempuh jarak terpendek., jelas dan menempuh jarak terpendeknya. Hal ini penting, karena dasar organisaasi yang fundamental adalah rangkaian wewenang dari atas ke bawah. 
11. Azas efisiensi (Principle of efficiency)
Suatu organisasi dalam mencapai tujuannya harus dapat mencapai hasil yang optimal dengan pengorbanan yang minimal.
12. Azas Kesinambungan (Principle of continuity)
Organisasi harus mengusahakan cara-cara untuk menjamin kelangsungan hidupnya. 
13. Azas Koordinasi (Principle of coordination)
Merupakan rangkaian dari asas-asas organisasi lainnya. Koordinasi dimaksudkan untuk mensinkronkan dan mengintegrasikan segala tindakan, supaya terarah pada sasaran yang ingin dicapai.

16. Apa saja Langkah langkah (proses ) Pengorganisasian  itu ?
Jawab :
Langkah-langkah yang diperlukan dalam pengorganisasian yang biasa diikuti oleh semua tingkat manejemen adalah sebagai berikut:
1.      Harus mengetahui tujuan organisasi yang ingin dicapai, apakah profit motive atau service motive.
2.      Menentukan kegiatan, artinya manajer harus mengetahui, merumuskan kegiatan kegiatan yang akan dilakukan .
3.      Mengelompokkan kegiatan, kedalam beberapa kelompok dengan dasar tujuan yang sama.
4.      Pendelegian wewenang , artinya manajer harus menetapkan besarnya wewenang yang akan  didelegasikan kepada setiap departemen.
5.      Rentang kendali, menetapkan jumlah karyawan pada setiap departemen.
6.      Peranan perorangan, menetapkan dengan jelas tugas2 setiap individu karyawan supaya tidak ada tumpang tindih jabatan.
7.      Tipe organisasi, manajer harus menetapkan tipe organisasi apa yang akan dipakai, apakah line organization, line and staf organization atau fungsonal organization.
8.      Struktur organisasi, yang akan ditetapkan.

17.Dalam organisasi, struktur organisasi ialah pola formal tentang bagaimana orang dan pekerjaan dikelompokan untuk menghilangkan penghalang dalam prestasi kerja yang disebabkan oleh kebingungan dan ketidaktentuan pemberian tugas.Jelaskan tentang pengertian struktur organisasi tersebut !!
Jawab :
Struktur organisasi merupakan susunan dan hubungan antara setiap bagian maupun posisi yang terdapat pada sebuah organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan operasionalnya dengan maksud untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Struktur organisasi dapat menggambarkan secara jelas pemisahan kegiatan dari pekerjaan antara yang satu dengan kegiatan yang lainnya dan juga bagaimana hubungan antara aktivitas dan fungsi dibatasi. Di dalam struktur organisasi yang baik harus dapat menjelaskan hubungan antara wewenang siapa melapor atau bertanggung jawab kepada siapa, jadi terdapat suatu pertanggungjawaban apa yang akan di kerjakan. Itulah beberapa definisi struktur organisasi.
18.Apa yang dimaksud dengan fungsi struktur organisasi ?
Jawab :
1. Kejelasan tanggung jawab. Setiap anggota dari organisasi harus dapat bertanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggungjawabkan. Setiap anggota suatu organisasi tentunya harus dapat bertanggung jawab kepada pimpinannya atau kepada atasannya yang telah memberikan kewenangan, karena pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut yang perlu dipertanggungjawabkan. Itulah fungsi struktur organisasi tentang kejelasan tanggung jawab.
2. Kejelasan kedudukan.Yang selanjutnya yaitu kejelasan mengenai kedudukan,disini artinya anggota atau seseorang yang ada didalam struktur organisasi sebenarnya dapat mempermudah dalam melakukan koordinasi dan hubungan, sebab adanya keterkaitan penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah di percayakan kepada seseorang atau anggota.
3. Kejelasan mengenai jalur hubungan.Fungsi selanjutnya yaitu sebagai kejelasan jalur hubungan maksudnya dalam melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab setiap pegawai didalam sebuah organisasi maka akan dibutuhkan kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian suatu pekerjaan akan semakin lebih efektif dan dapat saling memberikan keuntungan.
4. Kejelasan uraian tugas.Dan Fungsi lainnya yaitu kejelasan mengenai uraian tugas didalam struktur organisasi akan sangat membantu pihak atasan atau pimpinan untuk dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian, dan juga bagi bawahan akan dapat lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan karena uraian yang jelas.

19. Jelaskan tentang Organisasi , berdasarkan proses pembentukannya ?
Jawab :
Berdasarkan Proses Pembentukannya, organisasi dibagi atas :
a. Organisasi Formal
            Menurut Barnard suatu organisasi dikatakan formal bila aktivitas seorang atau lebih dikoordinasi secara sadar menuju tujuan tertentu. Inti Organisasi Formal ialah tujuan umum yang sadar dan bahwa organisasi formal lahir bila orang-orang  , dapat berkomunikasi satu sama lain, bersedia untuk bertindak , dan secara bersama-sama mempunyai satu tujuan.
            Dinyatakan Wilfred Brown mengenai kehidupan organisasi yakni “semakin banyak formalisasi yang ada, semakin jelas kita akan mengetahui batas-batas kebijakan yang dikuasakan kepada kita untuk disamakan, dan yang akan menjadi tanggung jawab kita, dan bahwa kebijakan yang ditentukan menjelaskan kepada orang-orang tentang dibidang mana mereka mempunyai kebebasan untuk bertindak”.
b. ORGANISASI INFORMAL/NONFORMAL
            Barnard menganggap setiap gabungan aktivitas pribadi tanpa tujuan untuk bergabung secara sadar disebut organisasi nonformal, maka semua bentuk kelompok termasuk dalam organisasi nonformal sehingga semua organisasi yang tidak formal mungkin meliputi kelompok bengkel mesin, kelompok pengatur produksi, perkumpulan bowling jum’at malam.
            Menurut Louis A. Allen : organisasi informal sebagian besar berhuungan dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang, sebab mereka adalah individu-individu terhadap tindakan-tindakan mereka dipandang dari sudut kebutuhan-kebutuhan, emosi dan tingkah laku, bukan dipandang dari sudut cara bekerja dan peraturan.
            G. R. Terry mengatakan “organisasi nonformal yaitu organisasi yang terbentuk dalam suatu organisasi formal yang anggota-anggotanya terdiri dari karyawan-karyawan perusahaan bersangkutan.

20.Jelaskan pula bentuk organisasi berdasarkan kaitan hubungannya dengan Pemerintah!!
Jawab :
a.      Organisasi Resmi, adalah organisasi yang dibentuk oleh adanya hubungan dengan Pemerintah atau harus terdaftar pada Lembaran Negara. Contoh : Jawatan-jawatan, Yayasan-Yayasan, Lembaga-lembaga  Pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang berbadan hukum.
b.      Organisasi tidak resmi, adalah organisasi yang tidak ada hubungannya dengan Pemerintah atau tidak terdaftar pada Lembaran Negara seperti Organisasi-organisasi Swasta. Contohnya : Klub Bola Voli, Klub Sepak Bola, Group Kesenian, Organisasi Pendaki Gunung dan lain-lain.

21.Jelaskan  Berdasarkan Skala (Ukuran) Besar-kecilnya Organisasi !!
Jawab :
Berdasarkan skala besar kecilnya perusahaan dapat dibagi menjadi :
a.      Organisasi Besar
b.      Organisasi sedang (menengah)
c.       Organisasi kecil
Skala besar kecilnya orgnaisasi bersifat relatif, karena ditentukan oleh banyak faktor tetapi besar kecilnya tersebut perlu diketahui karena akan mempengaruhi pilihan manajemen yang akan diterapkan.

22. Jelaskan pembagian Organisasi Perusahaan berdasarkan tujuannya ?
Jawab :
Pembagian Perusahaan berdasarkan tujuannya adalah :
a.      Public Organization (Organisasi Sosial), adalah organisasi yang non profit karena tujuan utamanya untuk melayani kepentingan umum tanpa perhitungan rugi-laba contohnya adalah Yayasan-yayasan sosial dan lain-lain.
b.      Business Organization (organisasi perusahaan) yakni organisasi yang didirikan untuk tujuan komersial (mendapatkan laba) dan semua tindakannya bermotifkan laba (profit motive) karena jika organisasi perusahaan tidak memberikan laba lagi maka tidak rasional untuk melanjutkan kembali.
Dilihat dari bidang usaha organisasi perusahaan ini dikenal perusahaan-perusahaan Produksi, perdagangan dan pemberi jasa.

23. Jelaskan pembagian Organisasi perusahaan dilihat dari segi hukum ?
Jawab :
Dilihat dari segi hukum dibedakan antara perusahaan perseorangan (single partnership) dan perusahaan milik bersama (partnership) misalnya : Firma, CV, Koperasi dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

24.Pembagian organisasi perusahaan berdasarkan bagan organisasinya ?
Jawab :
Berdasarkan Organization Chart (Bagan Organisasinya)
a.      Berbentuk segitiga vertical (Arrangement Chart)
b.      Berbentuk segitiga horizontal
c.       Berbentuk kerucut vertical/horizontal
d.      Berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran
e.      Berbentuk bulat telur (oval)

21. Pembagian Organisasi  berdasarkan tipe tipe atau bentuk perusahaan ?
Jawab :
Berdasarkan Tipe-tipe atau Bentuknya
a.      Organisasi berpimpinan puncak tunggal ialah organisasi yang mempunyai pimpinan puncak satu orang.
Bisa kita lihat pada perusahaan-perusahaan perseorangan dimana walaupun terdiri dari banyak orang, pimpinan puncaknya hanya terdiri dari satu orang.
b.      Organisasi berpimpinan puncak Dewan ialah organisasi yang mempunyai pimpinan puncak lebih dari satu orang (Dewan), misalnya perusahaan-perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas dan firman.


25. Pembagian bentuk bentuk perusahaan berdasarkan hubungan atau wewenangnya  ?
Jawab :
Bentuk Organisasi berdasarkan Hubungan-hubungan Wewenangnya
a.      Organisasi Garis (Lini)
b.      Organisasi Garis (Lini) dan Staf
c.       Organisasi fungsional
d.      Organisasi Garis. ,Lini dan Fungsional
e.      Organisasi komite.

26. Apa yang dimaksud dengan wewenang Lini  ?
Jawab :
Wewenang lini (Line Authority) adalah  wewenang yang menimbulkan tanggung jawab atas tercapainya tujuan-tujuan perusahaan. Organisasi lini diciptakan oleh Henry Fayol adalah organisasi yang semata-mata mempunyai hubungan wewenang lini dalam organisasinya, biasnaya organisasi ini dipakai perusahaan-perusahaan kecil saja. Pendelegasian wewenang dan pelaoran tanggun gjawab dari bawahan ke atasan dilakukan dengan garis vertical terpendek, perintah-perintah hanya diberikan kepada atasan yang bersangkutan. Organisasi lini bercirikan organisasi yang masih kecil dan sederhana dengan karyawan yang relatif sedikit dan tingkat spesialisasi yang kecil.
27.Jelaskan tentang Organisasi Garis (Lini) dan Staf?
Jawab :
Wewenang staf adalah wewenang untuk membantu agar orang yang mempunyai wewenagn lini bekerja secara efektif dalam mencapai tujuan-tujaun perusahaan. Dalam organisasi yang berbentuk demikian terdapat wewenang garis dan wewenang staf dan diantara keduanya terdapat hubungan.
Organisasi dengan bentuk ini biasnaya organisasi berskala besar, dengan jumlah karyawan yang besar dan sudah terdapat spesialisasi, misalnya ; Perusahaan-perusahaan yang menyusun struktur organisasi berdasarkan fungsi-fungsi perusahaan.

28.Apa yang dimaksud dengan Wewenang Fungsional ?
Jawab :
Wewenang fungsional adalah wewenang yang diberikan kepada seseorang atau departemen untuk dapat mengambil keputusan mengenai hal-hal yang berada di departemen-departemen lain, maka organisasi fungsional adalah suatu organisasi yang disusun berdasrakan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Pembagian kerja didasarkan pada “spesialisasi” yang sangat mendalam karena setiap pejabat hanya mengerjakan suatu pekerjaan yang sesuai dengan spesialisasinya.
Organisasi fungsional bercirikan pembidangan secara jelas dapat dibedakan, Bawahan mempunyai beberapa atasan dan terdapat 2 wewenang yakni, wewenang lini dan wewenang fungsi yang menciptakan organisasi fungsional adalah F.W. Taylor.

29.Apa yang dimaksud dengan Organisasi lini, staff dan fungsional ?
Jawab :
Organisasi tipe ini merupakan kombinasi dari organisasi “lini, staff dan fungsional” dan biasanya diterapkan pada organisasi besar serta kompleks. Pada tingkat Dewan Komisaris (Board of Director) diterapkan tipe organisasi lini dan staf, sedangkan pada tingkat Middle Manager diterapkan tipe organisasi fungsional.
 
30.Jelaskan pula tentang apa yang dimaksud dengan Organisasi Komite ?
Jawab :
Organisasi Komite  adalah suatu organisasi yang masing-masing anggota mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya yang kolektif. Organisasi Komite (Panitia = Committees Organization) mengutamakan pimpinan sehingga dalam organisasi ini terdapat pimpinan “Kolektif/Presidium/Plural Executive” dan bersifat manajerial kemudian juga bisa bersifat formal dan informal, komite-komite dapat dibentuk sebagai suatu bagian dari struktur organisasi formal, dengan tugas-tugas wewenang yang dibagikan secara khusus.
Organisasi komite bersifat tetap jika pada anggotanya ditetapkan berdasarkan fungsi dan jabatannya, dan bersifat “sementara” jika para anggotanya ditetapkan berdasarkan orangnya.
Anggota Organisasi Komite dikelompokkan atas Executive Committee (Pimpinan Komite) yakni para anggota yang mempunyai wewenang garis/line authority dan dikelompokkan juga sebagai Staff Committee yang para anggota yang mempunyai wewenang staff/staff authority. Organisasi ini bercirikan : Pembagian tugas yang jelas dan tertentu, wewenang anggota sama besarnya, para pelaksana dikelompokkan menurut bidangya dan keputusan merupakan keputusan semua anggotanya.

31.Agar suatu organisasi dapat berperan dan berjalan dengan baik diperlukan prinsip-prinsip yang dapat dijadikan pedoman Jelaskan !!
Jawab :
Prinsip prinsip tersebut adalah :
1.      Prinsip perumusan tujuan
Sebelum organisasi tersebut disusun terlebih dahulu harus ada tujuan yang mendasari pendirian organisasi. Tujuan ini akan menentukan aktivitas-aktivitas apa saja yang dibutuhkan untuk mencapainya secara efisien dan efektif.
2.      Prinsip pembagian kerja
Aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perlu dibagi menjadi kelompok-kelompok aktivitas, sehingga masing-masing bagian tugas dapat dijalankan secara bertanggung jawab.
3.      Prinsip pendelegasian wewenang
Setelah pembagian aktivitas dilakukan maka selanjutkanya dilakuakan delegasi wewenang supaya suatu bagian dapat menjalankan aktivitas-aktivitasnya dan dituntut tanggung jawabnya.
4.      Prinsip koordinasi
Setelah tahapan pembagian aktivitas dan pendelegasian wewenang, diperlukan koordinasi dari berbagai bagian. Prinsip ini bertujuan supaya bagian-bagian tidak berjalan sendiri-sendiri sebab aktivitas-aktivitas yang dijalankan disuatu bagian mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bagian-bagian lainnya.
5.      Prinsip rentang manajemen
Efisiensi dan efektifitas pengendalian bawahan langsung dipengaruhi oleh rentang manajemen, yaitu beberapa bawahan langsung yang dapat diawasi secara efisien dan efektif.
6.      Prinsip tingkat pengawasan
Berjalannya suatu organisasi tidak dapat dijamin mencapai tujuan bila tidak ada pengawasan, maka penyusunan organisasi perlu dilakukan dengan memperhatikan supaya pengawasan dimudahkan.
7.      Prinsip kesatuan perintah
Dalam organisasi seorang bawahan hanya mempunyai seorang atasa. Bawahan hanya menerima perintah dari atasannya dan bahanya bertanggung jawab kepada atasannya.

32.Jelaskan  tentang Tingkat Organisasi dan Rentang Manajemen ?


Jawab :

Ada alasan organisasi untuk membuat kerja sama manusia itu efektif, namun kita menemukan sebab adanya tingkat organisasi adalah karena keterbatasan rentang manajemen. Dengan kata lain, karena keterbatasan pada jumlah orang yang bisa diawasi seorang manajer meskipun batas tersebut berbeda tergantung pada situasi hasilnya adalah tingkat-tingkat organisasi.
Semakin besar perusahaan atau semakin sempit rentangnya, maka semakin banyak jumlah tingkat organisasi. Struktur organisasi yang banyak tingkatnya dan departemennya akan menyebabkan kerumitan dan kerugian.
Dalam mencari jawaban tentang berapa jumlah bawahan yang dapat diawasi secara efektif oleh seorang  manajer, bahwa selain kapasitas-kapasitas pribadi seperti mengerti dan cepat, biasa bergaul dengan orang-orang dan mendorong ksetiaan serta hormat, salah satu penentu adalah kemampuan Manajer untuk mengurangi pengaruh frekuensi dan pengaruh waktu dari hubungan atasan-bawahan.

33.Jelaskan tentang  Tujuh faktor umum yang mempengaruhi secara material jumlah dan frekuensi hubungan-hubungan?
Jawab :
Tujuh faktor umum yang mempengaruhi secara material jumlah dan frekuensi hubungan-hubungan tersebut, adalah  :
1.      Pelatihan Para Bawahan
Bawahan-bawahan yang dilatih dengan baik tidak memerlukan begitu banyak waktu manajer tapi juga tidak memerlukan begitu banyak kontak dengan atasan mereka.
2.      Kejelasan Pendelegasian Otoritas
Kalau seorang manajer dengan jelas mendelegasi otoritas untuk melaksanakan tugas yang didefinisikan dengan baik, maka seorang bawahan yang terlatih akan dapat meneyelesaikannya dengan waktu dan perhatian sang manajer yang minim
3.      Kejelasan Perencanaan
Apabila rencana-rencana tidak dapat dibuat secara akurat dan para bawahan harus melakukan banyak dari perencanaan mereka sendiri, keputusan mereka mungkin memerlukan banyak sekali bimbingan.
4.      Laju Perubahan
Laju perubahan itu penting dalam menentukan sampai taraf mana kebijakan dapat dirumuskan dan stabilitas kebijakan daapt dirumuskan dan stabilitas kebijakan yang dirumuskan dapat dipertahankan.
5.      Penggunaan Standar Sasaran
Seorang manajer baik dengan pengamatan pribadi maupun penggunaan standar-standar sasaran, apakah para bawahan tersebut mengikuti rencana-rencana.
6.      Teknik-teknik Komunikasi
Standar tujuan mengenai pengawasan adalah sejenis sarana komunikasi, kemampuan seorang eksekutif untuk mengkomunikasikan rencana-rencana dan instruksi-instruksi dengan jelas dan ringkas juga cenderung untuk menambah rentang seorang manager.
7.      Banyaknya kontak pribadi
Banyak hal dalam manajemen menuntut hubungan tatap muka k arena banyak situasi yang tidak biasa ditangani secara sempurna dengan laporan-laporan teknis, memorandum, laporan kebijakan, dokumen perencanaan atau komunikasi-komunikasi lainnya yang tidak memerlukan konta pribadi karena ada pula situasi-situasi lian dimana cara terbaik untuk mengkomunikasikan suatu masalah mengajar seorang bawahan atau mendapatkan “perasaan” langsung megnenai bagaimana orang sungguh-sungguh berpebendapat mengenai suatu masalah, berarti menyediakan waktu untuk kontak pribadi yang perlahan-lahan.

34. Apa yang dimaksud dengan Departementasi ?
Jawab :
Departemensasi adalah usaha mengelompokkan aktivitas-aktivitas orang-orang kedalam departemen-departemen. “Departemen” menandakan suatu bidang, divisi atau cabang suatu perusahaan dimana seorang manajer mempunyai wewenang untuk melaksanakan aktivitas khsusus, setiap organisasi terdiri dari beberapa Departemen (Bagian Divisi Kerja = Subsistem).

35.Jelaskan tentang Asas pendepartemenan  ?
Jawab :
Asas pendepartemenan adalah mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang sama dan berkaitan erat kedalam suatu unit kerja (bagian) dan dasar-dasar pendepartemenan (basic departementation) ditentukan berdasarkan :
1.      Enterprise Function (Fungsi-fungsi perusahaan)
2.      Management Function (Fungsi-fungsi manajemen)
3.      Process Product (Proses Produksi)
4.      Product (Dasar produk/hasil)
5.      Customer (Dasar pasar/langganan)
6.      Territory (Dasar wilayah/tempat)
7.      Time (Dasar waktu/shift)
8.      Simple number (Dasar jumlah)
9.      Combination
10.  Matriks
Organisasi matriks atau jaringan atau manajemen “proyek” atau produk, meskipun manajemen proyek murni tidak perlu menyiratkan suatu jaringan atau matriks. Inti dari manajemen matriks, adalah penggabungan bentuk fungsional dan produksi dari departementasi dalam struktur organisasi yang sama.







No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...