Sunday, September 23, 2018

KESATUAN PERINTAH


Kesatuan Perintah

1.       Apa yang dimaksud kesatuan perintah?
Jawab :
Kesatuan perintah adalah asas yang menyatakan tiap-tiap pejabat dalam organisasi hendaknya hanya dapat diperintah dan bertanggungjawab kepada seorang pejabat atasan tertentu.

2.       Apa yang dimaksud garis saluran perintah dan tanggungjawab?
Jawab :
Garis saluran perintah dan tanggungjawab adalah hubungan yang menunjukkan dari siapa seorang pejabat menerima perintah dan kepada siapa dia bertanggungjawab.

3.       Apa dampaknya apabila terdapat kesatuan perintah ataupun garis saluran perintah dan    tanggungjawab yag jelas?
Jawab :
Dampak dari adanya kesatuan perintah ataupun garis saluran perintah dan tanggungjawab yag jelas yaitu para pejabat bawahan tidak mengalami keraguan, kebingungan mengenai perintah, tugas, tanggungjawab, dan kepada siapa harus bertanggungjawab.

4.       Apa akibatnya apabila di dalam organisasi tidak ada kesatuan perintah?
Jawab :
Apabila di dalam organisasi tidak ada kesatuan perintah maka ini akan menimbulkan kebingungan, keraguan dari para pejabat bawahan dan menimbulkan tidak jelasnya tanggungjawab.

5.       Apakah asas kesatuan perintah menghilangkan kerjasama antar pejabat dari berbagai unit kerja?
Jawab :
Adanya asas kesatuan perintah tidak menghilangkan (menghalangi) adanya kerjasama antar pejabat dari berbagai unit kerja. Para pejabat tetap dapat saling berhubungan atau menggunakan bawahan dari atasan unit kerja yang lain  asal jalan yang ditempuh benar yaitu kepala yang akan menggunakan tenaga pejabat bawahan dari satuan lain hendaknya melewati kepala satuan yang memiliki tenaga tadi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...