Sunday, September 23, 2018

JENJANG ORGANISASI


Jenjang Organisasi/Hirarkhi

1.       Apa yang dimaksud dengan jenjang organisasi?
Jawab :
Jenjang organisasi adalah tingkat-tingkat satuan organisasi yang di dalamnya terdapat pejabat, tugas, serta wewenang tertentu menurut kedudukannya dari atas ke bawah dalam fungsi tertentu.

2.       Mengapa jumlah jenjang organisasi yang pendek dikatakan “baik/benar”?
Jawab :
Jenjang organisasi yang benar/baik adalah yang pendek, sebab jenjang organisasi yang pendek memperlancar perintah, petunjuk, keputusan dari atasan kepada bawahan; demikian juga memperlancar laporan, pendapat, pertanggungjawaban dari bawahan sampai kepada atasan.

 3.       Mengapa jumlah jenjang organisasi yang terlalu panjang dapat dipandang membawa akibat hambatan dan penghamburan?
Jawab :
Jumlah jenjang organisasi yang terlalu panjang dapat dipandang membawa akibat hambatan dan penghamburan karena perintah, petunjuk, keputusan atasan akan membutuhkan waktu lama sampai kepada pejabat terbawah. Demikian juga  sebaliknya laporan, pendapat, dan pertanggungjawaban dari bawahan akan lama sampai ke atasan tertinggi.

4.       Sebutkan macam-macam struktur organisasi dilihat dari jenjang organisasi.
      Jawab :
 Macam-macam struktur organisasi dilihat dari jenjang organisasi :
a.      Struktur organisasi pipih  (flat top organization) yaitu struktur organisasi yang memiliki jenjang 2-3 tingkat.
b.      Struktur organisasi datar yaitu struktur organisasi yang terdiri dari 4 tingkat.
c.       Struktur organisasi curam mempunyai 5 tingkat/jenjang struktur organisasi.

5.       Apa kegunaan garis-garis saluran pada jenjang organisasi?
Jawab :
Kegunaan garis-garis saluran pada jenjang organisasi yaitu untuk melakukan hubungan menegak, mendatar, dan diagonal.

6.       Apa yang dimaksud dengan hubungan menegak ke bawah, hubungan menegak ke atas, hubungan mendatar,  hubungan diagonal ke bawah, dan hubungan diagonal ke atas?
Jawab :
a.      Hubungan menegak ke bawah adalah hubungan antara pejabat yang berkedudukan lebih tinggi dengan pejabat yang berkedudukan lebih rendah.
b.      Hubungan menegak ke atas adalah hubungan antara pejabat yang berkedudukan lebih rendah  dengan pejabat yang berkedudukan lebih tinggi.
c.       Hubungan mendatar adalah hubungan antara pejabat yang kedudukannya sederajat.
d.      Hubungan diagonal ke bawah adalah hubungan antara pejabat yang berkedudukan lebih tinggi dengan pejabat yang berkedudukan lebih rendah dari satuan lain.
e.       Hubungan diagonal ke atas adalah hubungan antara pejabat yang  berkedudukan lebih rendah  dengan pejabat yang berkedudukan lebih tinggi dari satuan lain.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...