Tuesday, November 14, 2017

Analisa Kasus

(2)


ANALISA KASUS : PEMBICARAAN DENGAN GEORGE

Situasi : George, direktur perencanaan ekonomi di suatu perusahaan besar, menyerahkan laporan pada atasannya. Laporan tersebut terlambat karena George harus mengerjakan sendiri dikarenakan masalah-masalah staffing. George memberitahukan bahwa ia telah bekerja lebih keras daripada yang lain tetapi tidak mendapatkan penghargaan. la mengakhiri diskusi tersebut dengan mengatakan bahwa ia harus kembali pada pekerjaannya yang menumpuk.

Masalah :
 George  tidak menjalankan tugas-tugasnya  sebagai   seorang manajer.     Ia tidak bekerja melalui  atau  bahkan dengan orang  lain. la tidak merencanakan, mengorganisir, memimpin,  atau mengendalikan. Mungkin yang  paling  penting,   ia tidak melimpahkan  tugas -  tugasnya .   Terbukti bahwa ia tidak melakukan penjadwalan. Walaupun George tahu  bahwa Irving  tidak  akan  bisa mengerjakan la­poran tersebut,  ia tidak berusaha untuk menjadwalkan kembali pekerjaan tersebut. Penyakit Frank  yang   tak  terduga  hanyalah  suatu   alasan yang  dibenarkan untuk  laporan yang  terlambat.
Kehilangan seorang pegawai dalam satu minggu bagi George juga merupakan tanda kegagalannya untuk memimpin. Paling tidak ia seharusnya sudah mendapatkan berita tersebut sebelumnya. Mungkin ketidakmampuan George untuk melimpahkan tugasnya membuat karyawannya merasa terasing.
Mungkin George terus berusaha untuk menanjak dalam organisasi tsb tanpa memikirkan kwalitas kerja yang berbeda yang dibutuh kan oleh suatu pekerjaan tingkat manajemen. Nampaknya ia percaya bahwa sebagai seorang manajer, ia sendiri, bukan bawahannya, yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. Setelah melihat draft pertama untuk pertama kalinya, ia langsung mengambil alih proyek itu, tanpa memberikanriya kembali dengan beberapa rekomendasi perubahan-perubahan.


JAWABAN :
1.      Mengapa George menemui  banyak kesulitan dalam memenuhi  jadwal?
      George  tidak bisa memenuhi  jadwal karena ia  tidak menjalankan tugas  sebagai seorang manajer.   la tidak merencanakan untuk hal-hal  yang  tidak  terduga,   seperti manajer.   la tidak memperdulikan perubahan-perubahan  standard rutin, seperti  liburan pegawai yang  bisa mempengaruhi   jadwal.   Selain itu George  tidak melimpahkan tanggung   jawabnya yang  bisa menimbulkan moral  yang buruk  di antara bawahannya,   seperti  yang   ditunjukkan  oleh  tingkat perputaran  tenaga kerja yang  tinggi di unit  kerjanya. Akhirnya, George tidak berkomunikasi  baik  dengan  atasannya  atau  bawahannya. Ia tidak menginstrusikan bawahannya untuk memperbaiki draft pertamanya dan memberitahu atasannya tentang kesulitan-kesulitan khusus yang menunda laporan tsb, tetapi sebaliknya ia bekerja lembur untuk menyelesaikan laporan tersebut walaupun tetap tidak bisa memenuhi jadwal.

2.      Bagaimana George membatasi tanggung jawabnya sebagai seorang manajer?
 Sebagai seorang manajer, George menganggap dirinya bertanggung-jawab untuk pelaksanaan semua tugas, ia sebagai pelaku, bukan pengawas. Menurut George tanggung jawab manajer lebih terletak pada tugas-tugas tersebut daripada pada bawahannya.

3.      Menurut anda bagaimana George bisa mempunyai kebiasaan mengatur seperti itu?
      Pada tahun-tahun permulaan di perusahaan tersebut George mungkin telah mengabdikan seluruh waktunya untuk melaksanakan tugas tugasnya, sehingga ia diberi promosi. Ketika ia menanjak di perusahaan tsb tanggung jawabnya menjadi lebih kompleks dan semakin sulit untuk mengerjakannya sendiri. Tetapi George tidak pernah menyesuaikan kebiasaannya dengan pekerjaannya yang menumpuk, dan sebagai seorang manajer ia masih beranggapan bertanggung-jawab penuh untuk melaksanakan tugas tersebut.
Hal ini berarti ia masih melihat peranannya dari pandangan seorang bawahan dan merasa tidak enak untuk melimpahkan tanggung-jawab.
Karena  laporan  yang  terlambat  itu  nampaknya bukan merupakan  suatu kejadian yang  tersendiri, sang  atasan mungkin  tidak memberi George bimbingan yang  berarti. Ia mampu untuk mengerti alasan mengapa George mengalami kesulitan tetapi  ia tidak memberikan  saran-saran untuk memecahkan masalah tsb.

4.      Dapatkah atasannya membantu George melihat kerja dengan cara yang berbeda dan mengubah caranya mengelola pekerjaan ?
      Atasannya mfingkin bisa membantu George untuk melihat pekerjaan­nya secara “berbeda dan mengubah caranya mengelola pekerjaan de­ngan cara mempelajari apakah George telah mengerti tugas- tugas manajernya dan dalam hal ini dengan cara menyarankan cara-cara untuk melaksanakan tujuan pekerjaan tsb. Selain itu ia bisa me­lihat apakah ada suatu training manajer yang bisa berguna untuk George.
Atasannya bisa juga menunjukkan George metode yang lebih efisien untuk menjadwalkan dan menyusun pekerjaan, tetapi ia harus memperhatikan pekerjaan George; tujuannya bukanlah untuk melihat kerja George yang menumpuk tapi untuk memperlihatkan padanya bagaimana mendistribusikan pekerjaan itu.

5.      Bagaimana bila George  dipekerjakan  sebagai   seorang  supervisor? Sebagai partner kerja ?  Sebagai  bawahan ?
      George mungkin akan menjadi atasan yang mengecewakan, sulit untuk mengatakan pekerjaan macan apa yang akan ia berikan pada bawahannya, tapi ia akan selalu mengawasi pada mereka dan menunjukkan sikap “aku bisa mengerjakan lebih baik dari pada kamu”.
Sebagai partner kerja, ia mungkin senang untuk membantu orang lain tetapi menolak bantuan orang lain untuk membantu pekerjaannya. Dalam beberapa hal ia mungkin berusaha untuk mengambil alih proyek partner kerjanya.
Sebagai bawahan, George akan menimbulkan kesulitan. Atasannya akan menemui kesulitan untuk menemukan apa yang terjadi di tingkat bawahnya karena George bertindak seperti suatu leher botol. Selain itu tugas yang diberikan oleh atasannya akan sering tidak selesai pada waktunya (seperti yang diperlihatkan pada kasus yang diatas) .

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...