Tuesday, November 14, 2017

Tanya Jawab Kepemimpinan (Leadership)

Kepemimpinan ( Leadership )



1.Apa yang dimaksud denganPemimpin ?
Jawab :
Pemimpin merupakan unsur yang sangat menentukan lancar tidaknya suatu organisasi dalam mewujudkan tujuannya, kepemimpinan merupakan inti dan penggerakan daripada administrasi dan manajemen.
Pemimpin (leader) adalah seseorang yang membimbing serta mengarahkan orang-orang dalam suatu kelompok untuk bekerja mencapai tujuan sampai berhasil dengan penuh rasa tanggung jawab. Dengan demikian, maka setiap pemimpin selamanya berhubungan dengan suatu aksi dari sekelompok orang yang bekerjasama dalam ikatan yang teratur untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2 Apa yang dimaksud dengan Kepemimpinan ?
Jawab :
Sedangkan yang dimaksud dengan kepemimpinan (leadership) adalah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemipin agar ia dapat mengarahkan bawahannya kepada tingkatan dan tujuan yang akan dicapai.   
Kepemimpinan adalah keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol gejala-gejala social
Kepemimpinan sebagai suatu kemampuan untuk memimpin orang lain dan  untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan perpecahan sesedikit mungkin dan kerja sama yang besar, kepemimpinan merupakan kekuatan semangat/moral yang kreatif dan terarah.

3. Apa  pendapat GR Terry  tentang kepemimpinan  ?
Jawab  :

Menurut G. R. Terry kepemimpinan ,adalah :
 ‘Leadership is the activity of influincing people to strix waillingly for mutual objective” artinya kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang asal mau bekerja sama dan bekerja secara sukarela untuk mencapait ujuan.

4.Bagaimana pendapat Chester Irving Barnand tentang kepemimpinan ?
Jawab :
Kepemimpinan adalah kemampuan pribadi untuk menegaskan keputusan yang memberikan dimensi mutu dan dimensi kesusilaan kepada koordinasi kegiatan terorganisasi dan kepada perumusan tujuan.

5.Kesimpulan pengertian kepemimpinan adalah ?
Jawab :
Jadi kepemimpinan pada dasarnya berarti seni atau kemampuan untuk mempengaruhi orang-orang yang ada disekelilingnya. Setelah kita perhatikan pengertian kepemimpinan di atas, jelas bahwa kepemimpinan bersifat kegiatan atau kemampuan bertindak dan memimpin menyangkut orangnya atau orang yang menjalankan kepemimpinan dalam proses manajemen.

6.Jelaskan  pengertian pemimpin , menurut  pendapat para ahli, ?
Jawab :
Menurut Herbert A. Simon ,Pemimpin adalah seseoran gyang dapat mempersatukan orang-orang dalam mengejar suatu tujuan.
Menurut Prof. DR. H. Arifin Abdurachman ,Pemimpin sebagai orang yang dapat menggerakan orang-orang yang ada disekelilingnya untuk mengikuti jejak pemimpin itu.
Menurut Prof. Dr. Sarwono Prawirotardjo Pemimpin adalah orang yang berhasil menimbulkan pada bawahannya perasaan ikut serta, ikut bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sedang diselenggarakan dibawah pimpinannya.
Menurut Lao Tzu ,Pemimpin yang terbaik adalah seseorangyang dapat membantu mengembangkan orang lain, sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu. Dengan kata lain, pemimpin yang terbaik jika dapat menumbuhkan dan mengembangkan bawahannya, sehingga akhirnya mereka memiliki keterampilan yang menyamainya malah kalau bisa bawahannya melebihi atasannya.
Menurut Pancasila , seorang pemimpinharus bersikap mengayomi, mendorong , mengasuh dengan perkataan lain, beberapa asas utama dari kepemimpinan Pancasila adalah:
a.Ing ngarsa sung tuladha , seorang pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya panutan bagi orang orang yang dipimpinnya.
b.Ing madya mangun karsa, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang orang yang dipimpinnya.
c.Tut wurri Handayani, seorang pemimpin harus mampu mendorong orangorang yang diasuhnya, berani berjalan didepan dan sanggup bertanggung jawab.

7.Jelaskan kesimpulan dari pengertian pemimpin tersebut ?
Jawab :
Pemimpin adalah setiap orang yang mempunyai bawahan, mampu membina, memberi contoh, menggerakkan serta dapat mempengaruhi tingkah laku orang lain.
Seseorang dapat dikatakan pemimpin (leader) bila ia dapat menunjukan kepandaiannya, kecerdasannya akan sanggup mempengaruhi dan menggerakan orang lain yang ada disekelilingnya, meskipun dirinya tidak ada ikatan formal (resmi) dalam suatu organsiasi.
Pemimpin adalah individu yang memiliki program/rencana dan bersama anggota kelompok bergerak untuk mencapai tujuan dengan cara yang pasti.

8.Apakah seorang pemimpin dilahirkan atau ditempa (dilatih )?
Jawab :
Pihak yang berpendapat bahwa “pemimpin itu dilahirkan” melihat bahwa seseorang hanya akan menjadi pemimpin yang efektif karena dia dilahirkan dengan bakat-bakat kepemimpinannya.
Kubu yang menyatakan bahwa “pemimpin dibentuk dan ditempa” berpendapat bahwa efektivitas kepemimpinan seseorang dapat dibentuk dan ditempa. Caranya adalah dengan memberikan kesempatan luas kepada yang bersangkutan untuk menumbuhkan dan mengembangkan efektivitas kepemimpinannya melalui berbagai kegiatan pendidikan dan latihan kepemimpinan.

9.Apakah efektivitas kepemimpinan seseorang dapat dialihkan dari satu organisasi ke organisasi yang lain oleh seorang pemimpin yang sama?
Jawab :
Untuk menjawab pertannyaan kedua dapat dirumuskan dua kategori yang sudah barang tentu harus dikaji lebih jauh lagi:
Keberhasilan seseorang memimpin satu organisasi dengan sendirinya dapat dilaihkan kepada kepemimpinan oleh orang yang sama di organisasi lain
Keberhasilan seseorang memimpin satu organisasi tidak merupakan jaminan keberhasilannya memimpin organisasi lain.

10.Dari definisi-definisi di atas, dapat diketahui adanya unsur-unsur kepemimpinan.  Sebutkan unsur-unsur kepemimpinan itu !
Jawab :
Unsur-unsur kepemimpinan itu ialah :
a.      Ada orang yang mempengaruhi (pimpinan)
b.      Ada orang yang dipengaruhi (bawahan)
c.       Pengaruh yang diberikan berupa pengarahan untuk mencapai tujuan tertent

11 . Jelaskan tentang tiga TEORI KEPEMIMPINAN ?
Jawab :
Ada tiga teori kepemimpinan yaitu :
1.      Teori Genetis (Pembawaan Kelahiran / Keturunan)
Ajaran teori pembawaan kelahiran bersumber kepada pendapat yang mengatakan bahwa munculnya seorang pemimpin karena pembawan kelahiran/keturunan. Inti dari teori ini seseorang akan menjadi pemimpin karena ia memang memiliki darah pemimpin, ia telah dilahirkan dengan bakat kepemimpinan yang diturunkan dari orang tuanya.
2.      Teori Sosial (kemasyarakatan)
Ajaran atau teori sosial berpegang pada prinsip bahwa pada hakekatnya setiap orang dapat menjadi pemimpin. Penganut aliran ini berpendapat bahwa pemimpin bukan milik atau monopoli dari suatu kelompok/golongan orang-orang tertentu saja. Teori sosial berkeyakinan bahwa seseorang memiliki kecakapan dan kemampuan menjadi pemimpin karena pendidikan dan latihan yang diperoleh. Seseorang mampu menjadi pemimpin karena tekun dalam praktek dan mendapat dukungan dari masyrakat, serta adanya kesempatan yang tepat untuk menunjang timbulnya seorang pemimpin yang mengagumkan dan disegani.
3.      Teori Ekologi (Pengaruh Lingkungan)
Pandangan teori ini merupakan gabungan dari teori genetis dan teori sosial, yaitu seseorang hanya akan berhasil menjadi pemimpin yang baik, apabila ia pada waktu lahir memiliki bakat kepemimpinan, bakat-bakat kepemimpinan tersebut harus dikembangkan dengan pendidikan yang teratur dan pengalaman yang cukup. Di samping itu juga dapat menunjukan prestise/kebanggaan, harga diri yang tinggi.

12.Sebutkan kunci kepemimpinan menurut Andrew E. Sikula !
Jawab :
Kunci kepemimpinan adalah :
a.      Bahwa kepemimpinan itu merupakan proses,
b.      Bahwa kepemimpinan itu berarti mengarahkan orang lain,
c.       Bahwa kepemimpinan itu berarti memimpin orang lain,
d.      Bahwa kepemimpinan itu dilakukan oleh orang ter­tentu untuk mengarahkan dan membimbing usaha-usaha orang lain dalam mencapai tujuan tertentu.

13.Koortz O’ Donnell mengatakan bahwa didalam menentukan hal tentang kepemimpinan ini dengan segala sifat-sifat kita dapati dua teori yang masing-masing mempunyai pengikut-pengikutnya.Jelaskan tentang teori pertama ?
jawab :
Teori yang pertama memperinci sifat-sifat kepemimpinan teori itu bernama teori “traitist” (dari trait = sifat). Koortz menyebut diantara pendukung dari teori traitist ini adalah sarjana-sarjana sebagai berikut :
1.      Ordway Tead
2.      Chester l. Barnard
3.      Erwin H. Schell

14.Jelaskan teori sifat dari Ordway Tead ?
Jawab :
Ordway Tead telah sampai kepada 10 sifat-sifat yang dianggapnya perlu ada pada seorang pemimpin, sifat-sifat itu adalah :
1.      energi jasmani dan rohani, pemimpin umumnya memiliki keuletan yang mengagumkan, kegiatan dan kecerdasan yang melebihi manusia biasa.
2.      Selera akan tujuan an tujuan ,Ia memiliki kekuatan dan keyakinan tentang apa yang akan dilaksanakan, dan dengan cara bagaimana mencapainya.
3.      Enthusiasme ,Tujuan yang sehat dan baik belum cukup untuk menimbulkan semangat untuk itu pada bawahannya harus digerakan, baik emosinya maupun harapan dan tekadnya. Semangat adalah alat yang penting untuk seorang pemimpin, akan tetapi ia harus dapat memberi arah dan semangat pada orang-orangnya itu.
4.      Ramah-tamah ,Ini perlu untuk dapat menimbal-balikan simpati orang-orangnya itu.
5.      Integritas ,Orang-orang akan memberikan kepercayaan mereka kepada pemimpin mereka, apabila mereka yakin dan percaya, bahwa ia akan menepati janjinya.
6.      Kemahiran teknis ,Dalam setiap hal si pemimpin hendaklah berpengertian yang cukup tentang teknologi dan cara mencapai tujuannya, guna memberi pimpinan, semakin ia mengerti hal-hal teknis itu, semakin mudah ia menghadapi persoalannya pada perusahaannya.
7.      Guna mencapai hasil yang nyata, pemimpin harus mengambil keputusan baik dalam mencapai persoalan yang besar maupun kadang-kadang dalam persoalan yang kecil, proses mengambil keputusan itu adalah menimbang-nimbang berbagai faktor, mungkin pula berbagai pendapat dari kepala-kepala bagiannya dan sebagainya dengan pengumpulan segala bahan keterangan dan faktor yang cukup.
8.      Intelligensi adalah syarat yang mutlak pada seorang manajer tidak perlu diragu-ragukan.
9.      Akan tetapi selain dari hal-hal tersebut diatas berperan sebagai guru penting pula. Si pemimpin dapat mengharapkan bantuan yang besar dari bawahannya, apabila  mereka mengerti bahwa tujuannya itu adalah untuk kepentingan mereka pula.
10.  Akhirnya iman yang kuat. Pimpinan harus berani menanggung resiko dari kepemimpinannya, jika perlu dengan mengorbankan segala yang berharga baginya. Di dalam sejarah dunia tidak sedikit contoh yang kita lihar dari pada orang-orang yang beriman pokok seperti itu.

15.Jelaskan teori sifat dari Chester Barnard ?
Jawab :
Chester Barnard (The Functions of the Executive) sebaliknya menunjukan pada dua segi saja dari pada kepemimpinan, yaitu :
1.Superioritasnya pribadi di bidang teknik kepemimpinan.
yaitu superioritas dalam fisik, kemahiran, teknologi, penanggapan (perception), pengetahuan, ingatan dan daya “imagination” verbeel dingskracth)
2.Superioritas pribadi dalam tekad, keuletan dan keberanian.
Tekad, keuletan dan keberanian seseorang dapat menentukan mutu tindakan yang menyebabkan orang memuji dan mematuhinya.

16..Jelaskan teori sifat dari Erwin Schell ?
Erwin Schell berpendapat, bahwa tidak ada gunanya untuk memperinci sifat-sifat yang essensial bagi pemimpin-pemimpin. Karena untuk itu kita harus menyebut semua budi manusia, mental, moral dan jasmani. Tapi satu hal ia dapat pastikan, jika seorang pemimpin tidak mempunyai priadi tertentu, maka ia akan gagal sebagai pemimpin
Sifat-sifat itu adalah :
a.      Serba minat dan keramahan terhadap orang-orang.Seorang pemimpin pada akhirnya adalah orang yang membentuk orang-orangnya. Yang menjadi soal baginya adalah “human relationship’ (hubungan dengan sesama manusia) yang selalu berubah-ubah dan menyimpang dari standard. Kita tidak dapat mengumpulkan sejumlah orang dan menempatkan seorang lelaki, seorang perempuan dan anak-anak di dalam satu rumah dan mengharapkan timbulnya suatu keluarga bahagia dari pada mereka.
b.      Daya Kepribadian .Suatu organisasi memerlukan adanya eksekutif-eksekutif yang mempunyai kekuatan pribadi yang lebih dari pada biasa. Sifat ini memang merupakan satu dari pada unsur-unsur pokok yang agaknya membenarkan adanya hak wajar akan kekuasaan bagi seseorang.
c.       Kecondongan Serba Ilmu .Masalah yang dihadapai oleh si eksekutif kebanyakan dapat diatasi oleh seorang yang mempunyai jiwa serba ilmu dalam arti ia harus dapat berencana dan berfikir secara ilmu pengetahuan.

17.Apa yang dimaksud dengan Teori Serba Situasi Tentang Kepemimpinan ?
Jawab :
Teori ini hendak mencari jalan baru untuk mengidentifikasi pemimpin-pemimpin, ia bertolak dari pokok pangkal, bahwa ada beberapa hal yang sangat diperlukan pada tiap-tiap pemimpin, hal-hal itu adalah : cakap dan lincah, cerdas, stabil, dan ulet. Setelah itu ditetapkan, maka ia menempatkan seorang kandidat pemimpin dalam suatu kelompok dan melihat bagaimana ia bertindak dalam situasi yang dibuat serealistis mungkin, untuk mentest kecakapannya dalam menghadapi situasi itu.
Inti kepemimpinan adalah menggerakan orang-orang untuk bekerjasama untuk suatu tujuan, suatu cita-cita. Manajer yang memimpin perusahaan itu harus dapat meyakinkan bawahannya untuk mengikutinya. Ia harus mempunyai kepribadian.

18. Jelaskan tentang  aspek Internal dalam ASPEK KEPEMIMPINAN ?
Jawab :
Seorang pemimpin perlu menguasai dan mendalami aspek-aspek kepemimpinan agar supaya mencapai hasil yang seoptimal mungkin dalam mengemudikan organisasi yang dipimpinnya.
Aspek  internal adalah kemampuan seorang pemimpin menguasai dan mendalami organisasi kedalam. Pemimpin harus memiliki kualitas yang memadai akan segala hal organsiasi secara menyeluruh dan garis besarnya, agar dapat menentukan kebijaksanaan dengan tepat dan dapat mengambil tindakan-tindakan yang paling sesuai dengan tuntutan dan perkembangan organisasi yang dipimpin.
Adapun yang diklasifikasikan atau digolongkan ke dalam aspek internal itu meliputi antara lain bahwa seorang pemimpin harus :
a.      Memahami dan mendalami tujuan organisasi.
b.      Memahami struktur organisasi dan tata kerja dari organisasi yang dipimpinnya.
c.       Mampu mengikuti perkembangan organisasi
d.      Mampu mengatasi dan memecahkan masalah yang timbul secara cepat dan tepat.
e.      Dapat menciptakan iklim kerja yang menyenangkan.
f.        Dapat menjamin keselamatan dan keamanan kerja.
g.      Memberi dorongan kepada para pegawai untuk bekerja lebih produktif dan efisien.
h.      Menjamin dipenuhinya kebutuhan fisik minimum pegawai beserta keluarganya.
i.        Memberi jaminan hari tua kepada pegawai dan sebagainya.

19. Jelaskan tentang  aspek  eksternal dalam ASPEK KEPEMIMPINAN ?
Jawab :
Aspek Eksternal ,Seorang pemimpin harus dapat dan mampu memahami serta mengikuti aspirasi dan perkembangan masyarakat yang secara langsung atau tidak langsung sangat berpengaruh kepada organisasi yang dipimpinnya.
Dalam kaitannya dengan aspek eksternal ini, seorang pemimpin harus mempunyai kecakapan dan kemampuan yang antara lain untuk :
a.      Mengadakan kontak atau hubungan dengan tokoh-tokoh atau pemuka-pemuka masyarakat.
b.      Mewakili organisasi didepan pengadilan atau diluar pengadilan
c.       Dapat mengikuti keinginan dan selera masyarakat.
d.      Dapat mengikuti kemajuan dan perkembangan masyarakat.
e.      Mendapat bantuan dan dukungan masyarakat.
f.        Menyatu dengan masyarakat.
g.      Turut membantu meringankan beban masyarakat disekitarnya.
h.      Dapat menarik kesan dan tanggapan positif masyarakat terhadap organisasi yang dipimpinnya.
i.        Dapat senantiasa menyesuiakan diri dengan apa yang hendak dicapai oleh organiasi dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat.
Adapun inti dari aspek eksternal tidak lain merupakan manifestasi kelangsungan dari pada aspek internal. Keberhasilan pelaksanaan aspek eksternal akan sangat pengaruhnya kepada perkebangan dan kemajuan internal. Dengan demikian kegagalan aspek eksternal akan berakibat kemunduran aspek internal dari pada organsasi yang bersangkutan.

20.Apa yang dimaksud dengan tipe atau gaya kepemimpinan itu ?
Jawab :
Tipe atau gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuan orga-nisasi dan tujuan individu untuk mencapai tujuan bersama.      

21.Jelaskan tentang TIPE TIPE KEPEMIMPINAN?
Jawab :
Kalau kita mengamati cara-cara pemimpin dalam melakukan kepemimpinannya, maka cara-cara kepemimpinan itu dilakukan ke dalam 5 (lima) tipe, yaitu :
1.      Tipe atau gaya Kepemimpin Otokratis
2.      Tipe atau gaya Kepemimpinan Militeristis.
3.      Tipe atau gaya Kepemimpinan Paternalistis.
4.      Tipe atau gaya Kepemimpinan Kharismatis.
5.      Tipe atau gaya Kepemimpinan Demokratis.

22. Jelaskan tentang gaya kepemimpinan Otokratis ?
Jawab :
Tipe Pemimpin Otokratis
Tipe pemimpin otokratis adalah suatu tipe dimana seorang pemimpin :
a.      Menganggap organisasi sebagai milik pribadi
b.      Mengidentikkan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi
c.       Menganggap bawahan sebagai alat semata-mata
d.      Tidak mau menerima kritik, saran dan pendapat
e.      Dalam tindakan penggerakannya sering mempergunakan approach (pendekatan) yang mengandung unsur paksaan dan punitif (bersifat menghukum).
Dari sifat-sifat tersebut diatas jelas terlihat bahwa tipe pemimpin yang demikian tidak tepat untuk suatu organisasi, dimana hak-hak azasi manusia yang menjadi bawahan itu harus dihormati.
Gaya kepemimpinan yang dipergunakan pemimpin yang otokratik antara lain:
menuntut ketaatan penuh dari para bawahannya dalam menegakkan disiplin menunjukkan keakuannyabernada keras dalam pemberian perintah atau instruksi menggunakan pendekatan punitif dalamhal terhadinya penyimpangan oleh bawahan.

23.Jelaskan tentang gaya atau tipe Kepemimpinan Militeristis ?
Jawab :
Tipe Pemimpin Militeristis.
Perlu diperhatikan dahulu bahwa yang dimaksud dengan seorang pemimpin tipe militeristis berbeda dengan seorang pemimpin organisasi militer. Seorang pemimpin yang bertipe militeristis adalah seorang yang memiliki sifat-sifat :
a.      Menggerakkan bawahannya dengan cara memerintah
b.      Tergantung pada jabatan/pangkat yang dimilikinya
c.       Menuntut disiplin yang tinggi
d.      Sukar menerika kritikan dari bawahan
Terlihat pula dari sifat-sifat tersebut bahwa seorang pemimpin yang militeristis bukanlah seorang pemimpin yang ideal.
Tipe kepemimpinan militeristik ini sangat mirip dengan tipe kepemimpinan otoriter. Adapun sifat-sifat dari tipe kepemimpinan militeristik adalah:
(1) lebih banyak menggunakan sistem perintah/komando, keras dan sangat otoriter, kaku dan seringkali kurang bijaksana,
      (2) menghendaki kepatuhan mutlak dari bawahan,
(3) sangat menyenangi formalitas, upacara-upacara ritual dan tanda-tanda kebesaran yang berlebihan,
      (4) menuntut adanya disiplin yang keras dan kaku dari bawahannya,
(5) tidak menghendaki saran, usul, sugesti, dan kritikan-kritikan dari bawahannya,
(6) komunikasi hanya berlangsung searah.

24. Jelaskan tentang Gaya atau Tipe kepemimpinan Paternalistis ?
Jawab :
.Tipe Pemimpin Paternalistis
Seorang pemimpin yang tergolong sebagai pemimpin yang paternalistis adalah seorang yang :
a.      Menganggap bawahannya sebagai manusia yang tidak dewasa
b.      Bersikap terlalu melindungi (overly protective)
c.       Jarang memberikan kesempatan kepada bawahnnya untuk mengambil keputusan.
d.      Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengembangkan kreatifitasnya.
e.      Sering bersifat maha tahu dalam segala hal.
Harus diakui bahwa dalam keadaan tertentu seorang pemimin yang demikian sangat diperlukan, akan tetapi sifat-sifatnya yang negatif mengalahkan sifat-sifatnya yang positif.
Kepemimpinan paternalistik lebih diidentikkan dengan kepemimpinan yang kebapakan dengan sifat-sifat sebagai berikut:
(1) mereka menganggap bawahannya sebagai manusia yang tidak/belum dewasa, atau anak sendiri yang perlu dikembangkan,
(2) mereka bersikap terlalu melindungi,
(3) mereka jarang memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mengambil keputusan sendiri,
(4) mereka hampir tidak pernah memberikan kesempatan kepada bawahan untuk berinisiatif,
(5) mereka memberikan atau hampir tidak pernah memberikan kesempatan pada pengikut atau bawahan untuk mengembangkan imajinasi dan daya kreativitas mereka sendiri,
(6) selalu bersikap maha tahu dan maha benar.
Sedangkan tipe kepemimpinan maternalistik tidak jauh beda dengan tipe kepemimpinan paternalistik, yang membedakan adalah dalam kepemimpinan maternalistik terdapat sikap over-protective atau terlalu melindungi yang sangat menonjol disertai kasih sayang yang berlebih lebihan.

25.Jelaskan tentang tipe atau gaya kepemimpinan yang Kharismatik ?
Jawab :
Tipe Pemimpin Kharismatik
Pemimpin bertipe kharismatik adalah pemimpin yang mempunyai daya tarik yang amat besar. Pada umumnya tipe ini mempunyai pengikut yang jumlah besar, meskipun para pengikutnya tidak dapat menjelaskan mengapa mereka menjadi pengikut pemimpin tersebut.
Seorang pemimpin yang tergolong sebagai pemimpin yang kharismatik adalah sebagai berikut :
a.      Dalam menggerakan bawahannya bersikap memberi keleluasaan sebab manusia merupakan makhluk yang mulia.
b.      Selalu berusaha menyerasikan kepentingan organisasi dengan kepentingan priabdi bawahannya.
c.       Bersedia menerima saran, pendapat dan kritik yang bersifat membangun.
d.      Mengutamakan kerjasama dalam setiap usaha untuk mencapai tujuan.
e.      Bawahan yang berbuat kekeliruan bukan dimarahi tetapi diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengadakan perbaikan agar tidak terulang pada waktu mendatang.
f.        Berusaha meningkatkan kemampuan dan kreativitas semua orang yang menjadi bawahannya agar kesejahteraan hidup mereka meningkat pula.
g.      Berusaha mengembangkan dirinya agar lebih cakap dan lebih bijaksana dalam memimpin bawahannya.
Terlihat pula dalam sifat-sifat tersebut bahwa seorang pemimpin yang kharismatik merupakan pemimpin yang disegani dan disenangi. Sedangkan kekayaan, umur, kesehatan dan profil tidak dapat dipergunakan sebagai kriteria kharisma.

26.Jelaskan tentang Tipe atau gaya Kepemimpinan Demokratis ?
Jawab :
Tipe Pemimpin Demokratis
Pengetahuan tentang kepemimpinan telah membuktikan bahwa tipe-tipe pemimpin yang demokratis yang paling tepat untuk sebuah organisasi, karena :
a.      Dalam proses penggerakkan bawahan selalu bertitik tolak dari pendapat bahwa manusia itu adalah makhluk yang termulia didunia.
b.      Selalu menyatukan kepentingan dan tujuan organisasi dengan kepentingan dari tujuan pribadi daripada bawahannya.
c.       Ia senang menerima saran, pendapat dan bahkan kritik dari bawahannya.
d.      Selalu berusaha mengutamakan kerjasama dalam usaha mencapai tujuan.
e.      Berusaha mengembangkan diri pribadi sebagai pemimpin.
Dari tipe-tipe yang disebutkan diatas, tipe pemimpin demokratisilah yang paling sesuai juga cocok dengan situasi dan kondisi masyarakat seperti sekarang ini. Hanya pada tipe pemimpin demokratislah segala pikiran, pendapat, dan aspirasi sebagian besar anggota organisasi dapat disalurkan dan ditampung oelh pemimpin organisasi..

27.Jelaskan tentang aplikasi tipe2 kepemimpinan ini ? 
Jawab :
Pada dasarnya Tipe kepemimpinan ini bukan suatu hal yang mutlak untuk diterapkan, karena pada dasarnya semua jenis gaya kepemimpinan itu memiliki keunggulan masing-masing. Pada situasi atau keadaan tertentu dibutuhkan gaya kepemimpinan yang otoriter, walaupun pada umumnya gaya kepemimpinan yang demokratis lebih bermanfaat. Oleh karena itu dalam aplikasinya, tinggal bagaimana kita menyesuaikan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan dalam keluarga, organisasi/perusahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang menuntut diterapkannnya gaya kepemimpinan tertentu untuk mendapatkan manfaat.

28.Jelaskan tentang segi segi psikhologis yang terdapat pada manajer ?
Jawab :
Walaupun agak menyimpang sedikit, akan tetapi perlu kita selipkan sekedar keterangan tentang segi-segi psikhologis yang terdapat pada manajer-manajer seperti yang diuraikan oleh Dr. Erich Fromm dalam bukunya “Man for him self’
a.      Tipe yang bertahan atau serba diterima
Jika seseorang mempunyai orientasi yang serba terima, maka ia merasa bahwa sumber segala kebaikannya itu ada diluar dan ia percaya, bahwa jalan satu-satunya untuk memperoleh apa yang diinginkannya itu adalah menerima dari sumber luar itu. Pada umumnya perusahaan yang dipimpin oleh tipe manajer yang demikian, menunjukan suatu struktur yang mengenal pembagian tanggung jawab.
b.      Tipe yang bersifat menyerang
Pedoman dasarnya adalah perasaan bahwa sumber dari segala kebaikan itu ada diluar, yang harus direbut dari orang lain dengan jalan kekerasan atau secara tipu muslihat. Manajer demikian suka mempergunakan golongan-golongan dalam perusahaannya. Golongan-golongan itu sengaja diadakannya, agar mereka saling curiga dan iri hati, sehingga kerjasama antara mereka dapat dicegah.
c.       Tipe yang serba menimbun
Orientasi yang demikian membuat orang-orang tidak mempunyai kepercayaan pada hal-hal yang baru yang mereka peroleh dari dunia luar. Organisasi yang demikian dianggap sebagai badan yang memperkuat kedudukan manajer. Meskipun demikian, ada juga segi yang baik padanya, yaitu tiap-tiap orang mengetahui tempatnya dan percaya pada kekuatan dan diri sendiri.
Tapi segi jeleknya, manajer yang bertipe serba menimbun ini, tidak akan merusak pengetahuan yang telah dipunyainya dan dialaminya itu kepada orang-orang bawahannya.
d.      Tipe Marketing
Pedoman dasarnya adalahs iapa yang ingin maju, terus dapat menyesuaikan diri kepada organsiasi yang besar dan kecakapannya untuk memainkan peranan yang diharapkan dari padanya adalah modal yang besar dan segi yang penting dari padanya.
e.      Tipe Produktif
Produktif adalah kecakapan seseorang untuk mempergunakan kekuatan dan tenaganya dan menjadikan potensi yang ada padanya, suatu kenyataan. Tipe manajer ini mendidik dan mengembangkan mereka yang dipimpin, sehingga mereka dapat tumbuh sebagai manajer yang baik.

29.Dalam mempelajari kepemimpinan, banyak pendekatan yang dapat dipergunakannya. Sebutkan beberapa pendekatan kepemimpinan !
Jawab :
Beberapa pendekatan  kepemimpinan adalah :
a.      Pendekatan tradisional,
b.      Pendekatan berdasar sifat,
c.       Pendekatan perilaku,
d.      Pendekatan aktivitas sosial.

30.Berilah penjelasan tentang pendekatan tradisional !
Jawab :
Dalam pendekatan tradisioanl, mempelajari kepemim­pinan  melalui  praktek-praktek  pemimpin-pemimpin pada waktu tempo dulu. Menurut pendekatan ini, me-mimpin berarti mendikte bawahan atas apa yang dike hendakinya dalam usaha mencapi tujuan. Bawahan melakukan apa saja yang dikehendaki pimpinannya, bawahan tidak berhak untuk menyumbang ide-ide baru, dan juga tidak memiliki hak untuk menuntut sesuatu.

31.Berilah penjelasan tentang pendekatan kepemimpinan berdasar sifat pimpinan !
Jawab :
Pendekatan ini menguraikan kepemimpinan dari sudut sifat atau perangai pribadi dari seorang pemimpin. Pendekatan ini juga berpendapat bahwa :
a.      Keberhasilan seorang pemimpin sangat tergantung pada bakatnya. :     
b.      Karakter-karakter pemimpin akan diturunkan dalam keluarganya  (akan  terjadi  kepemimpinan  turun-temurun).
c.       Setiap pimpinan tidak dijumpai sifatnya yang sama. d. Sifat pimpinan yang berhasil adalah penuh antusiasme, mengenal diri sendiri, Waspada, percaya diri, kuat, punya rasa bertanggung jawab, dan punya rasa humor.

32.Berilah penjelasan tentang pendekatan perilaku !
Jawab :
Menurut pendekatan ini, keberhasilan pemimpin sangat dipengaruhi oleh:
a.      Sifat dari pemimpin
b.      Karakter dari pengikut
c.       Sifat-sifat pekerjaan yang dilaksanakan
d.      Struktur dan sifat organisasi .
e.      Sifat-sifat lingkungannya. 
Dasar pandangan ini adalah bahwa kepemimpinan itu sebenarnya merapakan sesuatu yang dapat dipelajari dan tidak karena pembawaan sejak lahir. Pendekatan ini mengisyaratkan akan kepemimpinan yang baik, yaitu :
a.      Pemimpin haras memulai lebih dahulu dan membimbing bawahannya
b.      Memberi perintah yang akan dilaksanakan bawahan
c.       Mempergunakan  saluran  yang  sudah  ditetapkan dalam kelompoknya
d.      Mengenal dengan baik mentaati segala peraturan dan kebiasaan dalam kelompoknya
e.      Mempertahankan disiplin
f.        Mendengarkan apa yang dikatakan bawahannya
g.      Tanggap akan kebutuhan bawahan
h.      Membantu bawahan.

33.Berilah penjelasan tentang pendekatan aktivitas sosial !
Jawab :
Pendekatan ini didasarkan pada pendapatan bahwa gejala kepemimpinan selalu terdapat dalam masyarakat.
Dalam masyarakat, kepemimpinan selalu melibatkan seseorang atau beberapa orang dengan kelompok yang dibentuk untuk suatu tujuan tertentu.
Berdasarkan kenyataan ini, maka pendekatan aktivitas sosial, lebih menekankan pada sifat hubungan antar pemimpin dan yang dipimpin.

32.Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemimpin Transaksional ?
Jawab :
Kepemimpinan transaksional adalah perilaku pemimpin yang memfokuskan perhatiannya pada transaksi interpersonal antara pemimpin dengan anggota yang melibatkan hubungan pertukaran. Pertukaran tersebut didasarkan pada kesepakatan mengenai klarifikasi sasaran, standar kerja, penugasan kerja, dan penghargaan.
Pemimpin transaksional harus mampu mengenali apa yang diinginkan anggota dari pekerjaannya dan memastikan apakah telah mendapatkan apa yang diinginkannya. Sebaliknya, apa yang diinginkan pemimpin adalah kinerja sesuai standar yang telah ditentukan.
33.Jelaskan hubungan pemimpin Transaksional dengan anggota ?
Jawab :
Hubungan pemimpin transaksional dengan anggota tercermin dari tiga hal, yakni:
(1) pemimpin mengetahui apa yang diinginkan anggota dan menjelaskan apa yang akan mereka dapatkan apabila untuk kerjanya sesuai dengan harapan,
 (2) pemimpin menukar usaha-usaha yang dilakukan oleh anggota dengan imbalan.
(3) pemimpin responsif terhadap kepentingan-kepentingan pribadi anggota selama kepentingan tersebut sebanding dengan nilai pekerjaan yang telah dilakukan anggota.
            34.Jelaskan apa yang dimaksud dengan  pemimpin Transformasional ?
            Jawab :
Kepemimpinan transformasional adalah bagaimana seorang pemimpin mengubah (to transform) persepsi, sikap, dan perilaku bawahan terlepas dari meningkat-tidaknya perubahan yang terjadi. Secara konseptual, kepemimpinan transformasional (to transform) adalah sebagai kemampuan pemimpin dalam mengubah lingkungan kerja, motivasi kerja, pola kerja, dan nilai-nilai kerja bawahan sehingga bawahan akan lebih mengoptimalkan kinerja untuk mencapai tujuan organisasi.
Jadi, persepsi terhadap kepemimpinantransformasional adalah cara pandang terhadap kemampuan memimpin  dalam mengubah lingkungan kerja, memotivasi dan menginspirasi bawahan, menerapkan pola kerja dan nilai-nilai moral, menghargai dan memperhatikan kebutuhan bawahan sehingga bawahan akan lebih mengoptimalkan kinerja untuk mencapai tujuan organisasi.


35.Jelaskan tentang Karakteristik Kepemimpinan Transformasinal ?
Jawab :

Kepemimpinan Transformational mempunyai empat dimensi, yaitu:
1. Attributed charisma.
Dimensi yang pertama ini digambarkan sebagai perilaku pemimpin yang membuat para pengikutnya mengagumi, menghormati dan sekaligus mempercayainya.
2.  inspirational motivation (motivasi inspirasi).
Dalam dimensi ini, pemimpin transformasional digambarkan sebagai pemimpin yang mampu mengartikulasikan pengharapan yang jelas terhadap prestasi bawahan, mendemonstrasikan komitmennya terhadap seluruh tujuan organisasi, dan mampu menggugah spirit tim dalam organisasi melalui penumbuhan entusiasme dan optimisme.
3.  intellectual stimulation (stimulasi intelektual).
Pemimpin transformasional harus mampu menumbuhkan ide-ide baru, memberikan solusi yang kreatif terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi bawahan, dan memberikan motivasi kepada bawahan untuk mencari pendekatan-pendekatan yang baru dalam melaksanakantugas-tugas organisasi.
4.  individualized consideration (konsiderasi individu).
Dalam dimensi ini, pemimpin transformasional digambarkan sebagai seorang pemimpin yang mau mendengarkan dengan penuh perhatian masukan-masukan bawahan dan secara khusus mau memperhatikan kebutuhan-kebutuhan bawahan akan pengembangan karir.

           

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...