Sunday, January 17, 2010

Contoh Soal dan Kasus (21 - 31)

CONTOH SOAL (21)

Analisa Kasus :

Ateng Santoso , adalah pendiri,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Teluk Jambe sebuah pabrik Korek Api di Karawang.
Suatu waktu Perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi, dan Ateng Santoso diangkat sebagai Direktur yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari Ateng Santoso menyadari bahwa penjualan menurun,laba menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya.
Masalahnya : Adalah bagaimana mereorganisasi PT. Teluk Jambe menjadi suatu perusahaan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualanya dan laba .

Pertanyaan :
1.Seandainya saudara adalah seorang konsultan, untuk menaikkan lagi tingkat penjualan dan laba ,koordinasi apa dan bagaimana yang seharusnya dia lakukan ? Mengapa koordinasi penting untuk dilaksanakan ?
2.Salah satu factor pendukung keberhasilan perusahaan adalah Komunikasi. Banyak kegagalan koordinasi disebabkan oleh Komunikasi, coba jelaskan tentang komunikasi yang efektif itu yang bagaimana ? Kendala kendala apa saja yang terdapat dalam komunikasi tersebut ? komunikasi apa saja menurut saudara yang perlu dilakukan dalam perusahaan tersebut?
3.Untuk meningkatkan produktivitas dan laba penjualan,apakah perusahaan perlu melakukan motivasi ? Tujuan apa yang diharapkan perusahaan dalam memberikan motivasi ? Alat-alat motivasi dan jenis motivasi apa yang sebaiknya diberikan.? Kendala-kendala apa yang dihadapi dalam memberikan motivasi tersebut ?
4.Menurut pendapat Saudara Gaya kepemimpinan apa yang cocok untuk perusahaan tersebut ?Persyaratan2 apa saja yang diperlukan oleh seorang pemimpin yang baik sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkannya. ? Jelaskan perbedaan antara Pemimpin dan manajer ?
5.Untuk mendapatkan pendapatan yang optimal perlu kiranya perusahaan mengadakan pengawasan yang efektif, jelaskan pengawasan efektif apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut ? apakah perlu perusahaan mengadakan control extern ? mengapa dan siapa yang akan melaksanakannya ?


CONTOH SOAL (22)

Analisa Kasus :

Ateng Santoso , adalah pendiri,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Teluk Jambe sebuah pabrik Korek Api di Karawang. Suatu waktu Perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi, dan Ateng Santoso diangkat sebagai Direktur yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari Ateng Santoso menyadari bahwa penjualan menurun,laba menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya.
Masalahnya : Adalah bagaimana mereorganisasi PT. Teluk Jambe menjadi suatu perusahaan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualanya dan laba

Pertanyaan :
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!

2.Cara-cara dan syarat-syarat apa yang sebaiknya dilakukan agar Koordinasi yang dilaksanakan berjalan baik. !!

3.Banyak kegagalan koordinasi disebabkan oleh komunikasi, coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan Komunikasi , dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan tersebut.!!

4.Salah satu factor penyebab penunjang keberhasilan perusahaan adalah Staffing, atau penerimaan dan penempatan pegawai , coba saudara jelaskan bagaimana staffing yang efektif itu !!

5.Ada dua jenis perintah, yaitu perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah 2 tersebut diberikan !! Dan sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut !!


CONTOH SOAL (23)

KASUS :

Manajemen adalah suatu proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui aktivitas perencanaan , pengorganisasian ,penggerakkan, pengendalian sumber daya manusia dan phisik dari organisasi tersebut. Apabila Saudara seorang manajer yang melaksanakan manajemen suatu perusahaan, kemudian perusahaan saudara membuat rencana pengembangan perusahaan yaitu dengan perencanaan membuat anak perusahaan.
1.Kaitannya dengan rencana pengembangan tersebut, coba saudara jelaskan hal2 atau langkah2 apa saja yang akan saudara laksanakan !!.

2.Untuk pengorganisasiannya, coba saudara uraikan mengenai lima langkah pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian ?Sebutkan berbagai kesalahan yang biasanya terjadi dalam penyusunan organisasi !!

3.Sebagai kelengkapan organisasi kita akan membuat bagan / struktur organisasi, apa yang dimaksud dengan bagan organisasi / struktur organisasi tersebut ?

4.Apa bila pengorganisasian telah selesai , maka akan dilaksanakan fungsi Actuating atau penggerakkan , apakah yang dimaksud dengan penggerakkan tersebut ? Kegiatan-kegiatan apa saja yang terdapat dalam fungsi penggerakkan tersebut ?

5.Pengawasan (controlling) adalah aktivitas yang mengusahakan agar pekerjaan2 terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan atau hasil yang dikehendaki. Sebutkan langkah2 untuk menjalankan pengawasan !! Jelaskan pula tentang pengawasan yang efektif !!


CONTOH SOAL (24)

1.Komunikasi merupakan hal yang terpenting dalam manajemen karena proses manajemen baru terlaksana jika komunikasi dilakukan. Coba saudara jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan unsur-unsur Komunikasi ? Fungsi-fungsi Komunikasi ? dan ruang lingkup Komunikasi ?
2.Motivasi adalah mempersoalkan bagaimana caranya mendorong gairah kerja bawahan, agar mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan keterampilannya untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Jelaskan tentang metode-metode motivasi ? Jenis-jenis motivasi ? dan apa yang dimaksud dengan Alat-alat motivasi ?
3.Agar semua pelaksanaan pekerjaan dapat mencapai tujuan yang dikehendaki maka kita perlu mengadakan koordinasi. Mengapa suatu Koordinasi penting dalam suatu organisasi ? Sebutkan pula cara-cara untuk mewujudkan koordinasi yang baik ?
4.Syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin ? Jelaskan perbedaan antara Pemimpin dan manajer ?
5.Sebutkan dan jelaskan gaya-gaya kepemimpinan yang saudara ketahui !!Dari beberapa gaya kepemimpinan yang Saudara ketahui tersebut, gaya kepemimpinan mana yang paling ideal menurut saudara ? Mengapa jelaskan !!




CONTOH SOAL (25)

SOAL KOORDINASI
1.Koordinasi adalah proses menyatupadukan tujuan-tujuan dan kegiatan2 dari unit2/bagian suatu organisasi yang terpisah untuk mencapai sasaran2 organisasi secara efisien. Sebutkan ruang lingkupnya ?Ruang lingkup atau luasnya koordinasi meliputi ;1. Koordinasi oleh seorang individu.2. Koordinasi antara individu2 dalam golongan.3. Koordinasi antara perusahaan-perusahaan dari order2 tingkat internasional.4. Koordinasi antara unit2 suatu organisasi.
2.Sebutkan jenis jenis koordinasi !!Jenis-jenis koordinasi :1. Koordinasi intern. 2. Koordinasi extern. 3. Koordinasi horizontal. 4. Koordinasi vertikal.
3.Bagaimana melaksanakan koordinasi dengan baik ?Cara-cara melakukan koordinasi dengan baik :adalah dengan mengadakan :1. Konferensi lengkap. 2. Pertemuan berkala pejabat-pejabat. 3. Pembentukan panitia gabungan. 4. Pembentukan badan-badan koordinasi staf 5. Wawancara dengan bawahan. 6. Pembuatan memo berantai. 7. Penyusunan buku pedoman organisasi dan tata kerja. 8. Ciptakan komunikasi yang baik
4.Sebutkan syarat syarat koordinasi ? Syarat-syarat agar koordinasi berhasil baik adalah :1. Adanyqa pembagian kerja yang jelas. 2. Ciptakan semangat kerja sama yang tinggi. 3. Ciptakan sarana koordinasi, baik untuk koordinasi vertikal, horizontal maupun koordinasi mekanis.
5.Sebutkan gejala kurangnya koordinasi !! Gejala kurangnya koordinasi dalam suatu perusahaan : 1. Sering terjadi percekcokan atau konflik sebagai akibat salah mengerti akan wewenang yang diterimanya.. 2. Sering terjadipelemparan tg. Jawab oleh bawahan dengan alasan bukan tg jawabnya. 3. Adanya keputusan2 yang kurang tepat karena kurangnya input informasi dari satuan2 organisasi. 4. Timbulnya banyak organisasi baru untuk menyelesaikan tugas2 yang sebenarnya telah dapat dicakup dalam organisasi yang telah ada.




CONTOH SOAL (26)

KOMUNIKASI
1.Jelaskan tentang pengertian komunikasi ? Komunikasi adalah Adalah proses pemindahan pengewrtian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain.

2.Jelaskan tentang tahap-tahap proses komunikasi ?
Tahap-tahap proses komunikasi : 1. Tahap pencetusan ide. 2. Tahap perumusan ide kedalam simbul-simbul, dapat berupa gerakan,gambar2,tulisan,kata2 dll. 3.Tahap pengiriman simbul-simbul ide, melalui alat-alat komunikasi seperti percakapan,surat,telepon, telegram,telex dll. 4. Tahap penerimaan simbul2 ide. 5. Tahap menganalisa atau menguraikan simbul2 ide. 6. Tahap pemberian respon atau jawaban atas ide yang diterima dari pihak lain.

3.Komunikasi terdiri dari beberapa jenis/macam. Sebutkan !!
Macam-macam komunikasi : 1. Komunikasi lisan dan tertulis. 2. Komunikasi verbal dan non verbal. 3. Komuikasi kebawah, keatas dan menyamping. 4. Komunikasi formal dan informal. 5. Komunikasi satu arah dan dua arah.

4.Sebutkan hambatan komunikasi!
Macam-macam hambatan komunikasi :1. Hambatan teknis. 2. Hambatan semantik. 3. Hambatan manusiawi.

5.Bagaimana cara mengatasi hambatan komunikasi ?


CONTOH SOAL (27)

Pengantar manajemen
1.Jelaskan tentang pengertian Manajemen !!
2.Sistem Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
3.Jelaskan tentang pengertian Manajer, dan jelaskan pula tentang Tingkatan Manajer dalam suatu perusahaan !!
4.Ada 10 peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran interpersonal seorang manajer !!
5.Untuk menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel
6.Siapakah pengambil keputusan dalam suatu perusahaan ?
7.Dasar pengambilan keputusan adalah Keyakinan, Intuisi, Fakta2, Pengalaman, Kekuasaan. Jelaskan satu persatu !!
8.Apakah yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification)
9.Jelaskan pula mengenai Deskripsi Jabatan (Job description)
10.Jelaskan mengenai Demosi ?
11.Menurut G.Terry ada 4 Fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing ,Actuating dan controlling. Jelaskan satu persatu !!
12.Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
13.Ada beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan ?
14.Jelaskan karakteristik rencana yang baik ?
15.Komunikasi adalah pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain .Coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi ?
16.Koordinasi adalah suatu usaha kerjasama antara badan, instansi unit dalam pelaksanaan tugas tertentu sedemikian rupa. Mengapa koordinasi sangat penting ? apa perbedaan antara koordinasi dan koperasi ?
17.Jelaskan mengenai pengertian, koordinasi vertical, koordinasi horizontal, koordinasi intern dan koordinasi ekstern ?
18.Apakah yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
19.Jelaskan tentang 5 gaya kepemimpinan, yang saudara ketahui !!
20.Sistem pengendalian yang efektif memiliki beberapa kriteria. Coba sebutkan dan jelaskan secara ringkas !!



CONTOH SOAL (28)

1.Jelaskan tentang pengertian Manajemen !!
2.Sistem Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
3.Ada 10 peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran interpersonal seorang manajer !!
4.Untuk menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel !
5.Apakah yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification) ?
6.Jelaskan pula mengenai Deskripsi Jabatan (Job description)
7.Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
8.Ada beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan ?
9.Jelaskan karakteristik rencana yang baik ?
10.Komunikasi adalah pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain .Coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi ?
11.Koordinasi adalah suatu usaha kerjasama antara badan, instansi unit dalam pelaksanaan tugas tertentu sedemikian rupa. Mengapa koordinasi sangat penting ? apa perbedaan antara koordinasi dan koperasi ?
12.Jelaskan mengenai pengertian, koordinasi vertical, koordinasi horizontal, koordinasi intern dan koordinasi ekstern ?
13.Apakah yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
14.Jelaskan tentang 5 gaya kepemimpinan, yang saudara ketahui !!
15.Sistem pengendalian yang efektif memiliki beberapa kriteria. Coba sebutkan dan jelaskan secara ringkas !!




CONTOH SOAL (29)

Kerjakan 20 soal dari 25 soal dibawah ini !!!!
1.Apa yang dimaksud dengan fungsi perencanaan ?
2.Meliputi kegiatan apa saja yang ditetapkan dalam perencanaan itu ?
3.Bagaimana langkah atau proses perencanaan ?
4.Rencana disebut efektif bila memenuhi syarat-syarat tertentu. Jelaskan !!
5.Jelaskan pengertian Organisasi ? bedakan pengertiannya dgn pengorganisasian ?
6.Bagaimana tahap-tahap cara pengorganisasian ?
7.Siapakah yang menyusun organisasi dalam suatu perusahaan!!
8.Apa yang dimaksud dengan fungsi Staffing ?
9.Jelaskan apa yg dimaksud dengan Promosi pegawai ?Tujuannya dan syarat2 diadakan promosi ?
10.Apa yang dimaksud dengan transfer atau pemindahan pegawai ? apa alasannya ?
11.Untuk meningkatkan prestasi kerja ,pegawai harus diberi motivasi. Sebutkan jenis jenis motivasi pegawai !! jelaskan !!
12.Sebutkan alat alat untuk memotivasi seseorang !!
13.Apa yang disebut dengan KOORDINASI ?
14.Sebutkan gejala kurangnya koordinasi dalam suatu organisasi !!
15.Sebutkan syarat-syarat agar koordinasi berhasil dengan baik !!
16.Apa arti Komunikasi ??
17.Sebutkan macam-macam komunikasi !!
18.Sebutkan hambatan-hambatan dalam komunikasi !!
19.Jelaskan pengertian kepemimpinan dari Ordway Tead !!
20.Jelaskan perbedaan pengertian pimpinan dan manajer ?
21.Faktorfaktor apa saja yang menentukan keberhasilan seorang pemimpin ?
22.Sebutkan beberapa macam tipe gaya kepeminan
23.Jelaskan apa arti Pengawasan !!
24.Sebutkan pula prinsip-prinsip pengawasan !!
25.Sebutkan karakteristik pengawasan yang efektif !!



CONTOH SOAL (30)

UJIAN AKHIR SEMESTER
1.Pengendalian structural ada dua yaitu, pengendalian birokratis dan pengendalian klan. Jelaskan pengertiannya !!
2.Jelaskan pula tentang 5 (lima) karakteristik pengendalian yang efektif
3.Apa tujuan dari fungsi pengendalian dalam organisasi?
4.Apa saja langkah2 dalam proses pengendalian ? langkah mana yang kemungkinannya paling sulit dijalankan ? mengapa ?
5.Bagaimana proses pengendalian berhubungan dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian dan kepemimpinan ??
6.Apa yang Sudara ketahui tentang pengertian control intern dan control ekstern, control formal dan control informal ??
7.Sebutkan syarat system pengendalian/pengawasan yang baik !!
8.Sebutkan dan jelaskan 3 bentuk pengendalian operasi ?
9.Pengendalian strategic ,secara umum berfokus pada 5 aspek organisasi, sebutkan dan jelaskan !!
10.Pengendalian dapat dipisahkan menurut level dalam system organisasi, yaitu
•Pengendalian operasi
•Pengendalian keuangan
•Pengendalian structural
•Pengendalian strategic
Jelaskan satu persatu!!!


CONTOH SOAL (31)

Pertanyaan :
1.Apakah yang saudara ketahui tentang pengertian Manajemen ? jelaskan pula tentang pengertian Manajer ?
2.Jelaskan tentang langkah2 perencanaan ? Siapa yang membuat perencanaan dalam suatu perusahaan ?
3.Coba saudara uraikan mengenai langkah-langkah pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian ?
4.Apa yang dimaksud dengan actuating ?
5.jelaskan tentang Komunikasi Informal adalah komunikasi pohon anggur
6.Mengapa motivasi harus dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya ?
7.Apa yang dimaksud dengan kebutuhan egoistic ?
8. Sebutkan langkah2 atau proses untuk menjalankan pengawasan !!
9.Jelaskan pula tentang, pengawasan langsung, pengawasan tidak langsung dan pengawasan berdasarkan kekecualian !!
10.jelaskan pula apakah external control yang dilakukan secara informal efektif atau tidak ? berikan contoh !!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...