Sunday, January 17, 2010

Contoh Soal dan Kasus (1 - 10)

Soal Peng. Manajemen (1)

  1. Jelaskan tentang pengertian Manajemen !!
  2. Sistem Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
  3. Jelaskan tentang pengertian Manajer, dan jelaskan pula tentang apa yang dimaksud dengan Tingkatan Manajer dalam suatu perusahaan !!
  4. Ada 10 peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran interpersonal seorang manajer!!
  5. Untuk menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel
  6. Apa yang dimaksud dengan pengorganisasian ? jelaskn mengenai bentuk2 organisasi dan gambarkan !!
  7. Jelaskan mengenai pemimpin yang kharismatik ? berikan contoh !!
  8. Apakah arti pentingnya wewenang ? menurut salah seorang ahli saja.
  9. Ada beberapa jenis authority jelaskan satu persatu !!
  10. Ada 6 sumber authority, sebutkan !!
  11. Apakah pengertian tanggung jawab ? jelaskan hubungannya dengan wewenang ?
  12. Jelaskan tentang pendelegasian wewenang !!
  13. Menurut G.Terry ada 4 Fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing ,Actuating dan controlling. Jelaskan satu persatu!!
  14. Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
  15. Ada beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan ?
  16. Jelaskan tentang jangka waktu perencanaan !!
  17. Jelaskan pula tentang syarat2 perencanaan yang baik !!



Soal (2)

  1. Jelaskan tentang pengertian Manajemen !! mengapa manajemen disebut sebagai seni dan pengetahuan ?
  2. Jelaskan tentang pengertian Manajer, dan jelaskan pula tentang Tingkatan Manajer dalam suatu perusahaan !!
  3. Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
  4. Bagaimana langkah atau proses perencanaa ?
  5. Rencana disebut efektif bila memenuhi syarat-syarat tertentu. Jelaskan !
  6. Jelaskan pengertian Organisasi ? bedakan pengertiannya dgn pengorganisasian ?
  7. Bagaimana tahap-tahap cara pengorganisasian ?
  8. Siapakah yang menyusun organisasi dalam suatu perusahaan!!
  9. Apa yang dimaksud dengan fungsi Staffing ?
  10. Jelaskan apa yg dimaksud dengan Promosi pegawai ?Tujuannya dan syarat2 diadakan promosi ?
  11. Apa yang dimaksud dengan transfer atau pemindahan pegawai ? apa alasannya ?
  12. Jelaskan apa arti Pengawasan !! dan juga sebutkan langkah2 pengawasan
  13. Sebutkan pula prinsip-prinsip pengawasan !!
  14. Sebutkan karakteristik pengawasan yang efektif !!


Soal (3)

1. Apakah yang dimaksud dengan Manajemen itu ? Jelaskan tiga peranan manajer dalam

Organisasi perusahaan !!

2. Apa yang dimaksud dengan manajemen yang efektif ? dan apa yang dimaksud dengn scientific

management ?

3. Fungsi management menurut G.Terry adalah Planning, Organizing , Actuating dan controlling

jelaskan satu persatu !!

4. Jelaskan mengapa perencanaan dan rencana sangat penting ?

5. Mengapa perencanaan harus fleksible ?

6. jelaskn pula tentang langkah langkah perencanaan !!

7. Organisasi adalah suatu usaha bersama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk

mencapai tujuan.

Jelaskan perbedaan antara organisasi formal dan organisasi informal ?

8. Sebutkan langkah-langkah pokok dalam proses pengorganisasian !

9. Jelaskan mengenai cara-cara pengendalian / pengawasan ?

10. Jelaskan yang dimaksud dengan Formal control ?

11. Apa yang dimaksud dengan fungsi Staffing ?

12. Jelaskan apa yg dimaksud dengan Promosi pegawai? Tujuannya dan syarat2 diadakan

promosi?

13. Apa yang dimaksud dengan transfer atau pemindahan pegawai ? apa alasannya ?

14. Jelaskan apa arti Pengawasan !! dan juga sebutkan langkah2 pengawasan !!Sebutkan pula

prinsip-prinsip pengawasan!!

15. Sebutkan karakteristik pengawasan yang efektif !!



Soal (4)

1. Jelaskan mengenai pengertian Manajemen !! Tugas manajer mencakup serangkaian peranan. Coba saudara jelaskan peranan apa saja yang dimiliki oleh para manjer tersebut ?

2. Suatu rencana yang baik adalah suatu rencana yang dapat dilaksanakan, sederhana,jelas mudah dimengerti dan harus fleksible . Jelaskan mengapa suatu rencana harus fleksible ?Meliputi kegiatan apa saja yang ditetapkan dalam suatu perencanaan ?

3. Uraikan mengenai lima langkah pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian ?Organisasi informal adalah suatu organisasi yang terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tidak mempunyai AD dan ART dsb.nya. Coba berikan contoh beberapa organisasi informal yang saudara ketahui !!

4. Actuating (penggerakkan) adalah membuat semua anggota karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.Diantaranya kegiatan actuating adalah perintah. Jelaskan kapan suatu perintah lisan diberikan. ?Mengapa Koordinasi penting dalam suatu organisasi ?

5. Pengawasan (controlling) adalah aktivitas yang mengusahakan agar pekerjaan2 terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan atau hasil yang dikehendaki. Sebutkan langkah2 untuk menjalankan pengawasan !!Jelaskan mengenai cara2 melaksanakan pengawasan ?

6. Jelaskan tentang motivasi langsung dan motivasi tidak langsung. Jelaskan pula tentang keinginan internal dan external seseorang !!!!!


Soal (5)

Manajemen adalah suatu proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui aktivitas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengendalian sumber daya manusia dan phisik dari organisasi tersebut. Sedangkan tugas manajer mencakup serangkaian peranan. Coba saudara jelaskan peranan apa saja yang dimiliki oleh para manjer tersebut ?

  1. Untuk pengorganisasiannya, coba saudara uraikan mengenai lima langkah pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian ? Jelaskan pula tentang organisasi formal dan non formal !!
  2. Sebagai kelengkapan organisasi kita akan membuat bagan / struktur organisasi ,apa yang dimaksud dengan bagan organisasi / struktur organisasi tersebut ? Jelaskan pula apa yang dimaksud dengan pendepartementasian ?
  3. Apa bila pengorganisasian telah selesai , maka akan dilaksanakan staffing, yaitu penataan pegawai. Coba saudara jelaskan mengenai kegiatan apa saja yang tercakup didalam penataan pegawai tersebut ? Darimana saja perusahaan mendapatkan sumber karyawan. ? jelaskan pula apa yang dimaksud dengan prestasi pegawai dan pemerkayaan kerja ?
  4. Salah satu cara penggerakkan lainnya adalah dengan memberikan perintah baik lisan maupun tulisan kepada para pegawai/karyawan Kapan suatu perintah lisan dan perintah tulisan dapat diberikan ? Jelaskan pula tentang komunikasi verbal dan non verbal ?
  5. Pengawasan (controlling) adalah aktivitas yang mengusahakan agar pekerjaan2 terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan atau hasil yang dikehendaki. Sebutkan langkah2 atau proses untuk menjalankan pengawasan !!
  6. Dari beberapa gaya kepemimpinan yang Saudara ketahui, gaya kepemimpinan mana yang paling ideal menurut saudara ? Mengapa jelaskan !! Syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin ? Jelaskan tentang pemimpin yang kharismatik ? berikan contohnya !!


CONTOH SOAL (6)
1. Komunikasi merupakan hal yang terpenting dalam manajemen karena proses manajemen baru terlaksana jika komunikasi dilakukan.
Coba saudara jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan unsur-unsur Komunikasi ? Fungsi-fungsi Komunikasi ? dan ruang lingkup Komunikasi ?
2. Motivasi adalah mempersoalkan bagaimana caranya mendorong gairah kerja bawahan, agar mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan keterampilannya untuk mewujudkan tujuan perusahaan.
Jelaskan tentang metode-metode motivasi ? Jenis-jenis motivasi ? dan apa yang dimaksud dengan Alat-alat motivasi ?
3. Agar semua pelaksanaan pekerjaan dapat mencapai tujuan yang dikehendaki maka kita perlu mengadakan koordinasi.
Mengapa suatu Koordinasi penting dalam suatu organisasi ? Sebutkan pula cara-cara untuk mewujudkan koordinasi yang baik ?
4. Syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin ? Jelaskan perbedaan antara Pemimpin dan manajer ?
5. Sebutkan dan jelaskan gaya-gaya kepemimpinan yang saudara ketahui !!Dari beberapa gaya kepemimpinan yang Saudara ketahui tersebut, gaya kepemimpinan mana yang paling ideal menurut saudara ? Mengapa jelaskan !!



CONTOH SOAL (7)
SOAL KOORDINASI
1. Jelaskan tentang pengertian koordinasi ? Koordinasi adalah proses menyatupadukan tujuan-tujuan dan kegiatan2 dari unit2/bagian suatu organisasi yang terpisah untuk mencapai sasaran2 organisasi secara efisien.
2. Apa kah ruang lingkup koordinasi ? Ruang lingkup atau luasnya koordinasi meliputi ;1. Koordinasi oleh seorang individu. 2. Koordinasi antara individu2 dalam golongan. 3.Koordinasi antara perusahaan-perusahaan dari order2 tingkat internasional. 4. Koordinasi antara unit2 suatu organisasi.
3. Sebutkan jenis jenis koordinasi ? Jenis-jenis koordinasi adalah : 1. Koordinasi intern. 2. Koordinasi extern. 3. Koordinasi horizontal. 4. Koordinasi vertikal.
4. Jelaskan tentang bagaimana cara melakukan koordinasi dengan baik ? Cara-cara melakukan koordinasi dengan baik : 1. Konferensi lengkap. 2. Pertemuan berkala pejabat-pejabat.3. Pembentukan panitia gabungan. 4. Pembentukan badan-badan koordinasi staf 5. Wawancara dengan bawahan. 6. Pembuatan memo berantai. 7. Penyusunan buku pedoman organisasi dan tata kerja. 8. Ciptakan komunikasi yang baik
5. Syarat apa saja agar koordinasi berhasil baik ? Syarat-syarat agar koordinasi berhasil baik adalah : 1. Adanyqa pembagian kerja yang jelas. 2. Ciptakan semangat kerja sama yang tinggi. 3. Ciptakan sarana koordinasi, baik untuk koordinasi vertikal, horizontal maupun koordinasi mekanis.
6. Jelaskan gejala kurangnya koordinasi dalam suatu perusahaan ?Gejala kurangnya koordinasi dalam suatu perusahaan : 1. Sering terjadi percekcokan atau konflik sebagai akibat salah mengerti akan wewenang yang diterimanya.. 2. Sering terjadipelemparan tg. Jawab oleh bawahan dengan alasan bukan tg jawabnya. 3. Adanya keputusan2 yang kurang tepat karena kurangnya input informasi dari satuan2 organisasi. 4. Timbulnya banyak organisasi baru untuk menyelesaikan tugas2 yang sebenarnya telah dapat dicakup dalam organisasi yang telah ada.


Soal (8)
KOMUNIKASI
1. Jelaskan tentang pengertian Komunikasi ? Adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain.
2. Sebutkan tahap tahap proses komunikasi ?Tahap-tahap proses komunikasi :1. Tahap pencetusan ide. 2.Tahap perumusan ide kedalam simbul-simbul, dapat berupa gerakan,gambar2,tulisan,kata2 dll. 3. Tahap pengiriman simbul-simbul ide, melalui alat-alat komunikasi seperti percakapan,surat,telepon, telegram,telex dll. 4. Tahap penerimaan simbul2 ide. 5. Tahap menganalisa atau menguraikan simbul2 ide. 6. Tahap pemberian respon atau jawaban atas ide yang diterima dari pihak lain.
3. Ada beberapa macam komunikasi. Sebutkan satu persatu !! Macam-macam komunikasi : 1. Komunikasi lisan dan tertulis. 2. Komunikasi verbal dan non verbal. 3. Komuikasi kebawah, keatas dan menyamping. 4. Komunikasi formal dan informal. 5. Komunikasi satu arah dan dua arah.
4. Jelaskan tentang hambatan komunikasi ? Macam-macam hambatan komunikasi :1. Hambatan teknis. 2. Hambatan semantik. 3. Hambatan manusiawi.
5. Bagaimana cara mengatasi hambatan komunikasi ?



CONTOH SOAL (9)

1. Jelaskan tentang pengertian Manajemen !!
2. Sistem Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
3. Jelaskan tentang pengertian Manajer, dan jelaskan pula tentang Tingkatan Manajer dalam suatu perusahaan !!
4. Ada 10 peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran interpersonal seorang manajer !!
5. Untuk menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel
6. Siapakah pengambil keputusan dalam suatu perusahaan ?
7. Dasar pengambilan keputusan adalah Keyakinan, Intuisi, Fakta2, Pengalaman, Kekuasaan. Jelaskan satu persatu !!
8. Apakah yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification)
9. Jelaskan pula mengenai Deskripsi Jabatan (Job description)
10. Jelaskan mengenai Demosi ?
11. Menurut G.Terry ada 4 Fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing ,Actuating dan controlling. Jelaskan satu persatu !!
12. Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
13. Ada beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan ?
14. Jelaskan karakteristik rencana yang baik ?
15. Komunikasi adalah pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain .Coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi ?
16. Koordinasi adalah suatu usaha kerjasama antara badan, instansi unit dalam pelaksanaan tugas tertentu sedemikian rupa. Mengapa koordinasi sangat penting ? apa perbedaan antara koordinasi dan koperasi ?
17. Jelaskan mengenai pengertian, koordinasi vertical, koordinasi horizontal, koordinasi intern dan koordinasi ekstern ?
18. Apakah yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
19. Jelaskan tentang 5 gaya kepemimpinan, yang saudara ketahui !!
20. Sistem pengendalian yang efektif memiliki beberapa kriteria. Coba sebutkan dan jelaskan secara ringkas !!


CONTOH SOAL (10)
1. Jelaskan tentang pengertian Manajemen !!
2. Sistem Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
3. Ada 10 peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran interpersonal seorang manajer !!
4. Untuk menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel !
5. Apakah yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification) ?
6. Jelaskan pula mengenai Deskripsi Jabatan (Job description)
7. Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
8. Ada beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan ?
9. Jelaskan karakteristik rencana yang baik ?
10. Komunikasi adalah pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain .Coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi ?
11. Koordinasi adalah suatu usaha kerjasama antara badan, instansi unit dalam pelaksanaan tugas tertentu sedemikian rupa. Mengapa koordinasi sangat penting ? apa perbedaan antara koordinasi dan koperasi ?
12. Jelaskan mengenai pengertian, koordinasi vertical, koordinasi horizontal, koordinasi intern dan koordinasi ekstern ?
13. Apakah yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
14. Jelaskan tentang 5 gaya kepemimpinan, yang saudara ketahui !!
15. Sistem pengendalian yang efektif memiliki beberapa kriteria. Coba sebutkan dan jelaskan secara ringkas !!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...