Wednesday, March 20, 2019

PENGERTIAN MEREK, BRAND DAN LOGO


Brand bukan sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan . Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk.
Brand adalah adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan – semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Ini adalah apa yang harus di perjuangkan, apa yang harus  di lakukan,dikatakan dan di tampilkan ke depan publik. Pe

Pengertian Merek atau Brand
Ibaratnya, brand bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Meskipun Anda mungkin menemukan beberapa hal yang membuat Anda tertarik dengan seseorang, namun untuk menciptakan hubungan yang mendalam, Anda haruslah memiliki nilai-nilai, peminatan, dan otentisitas yang sama. Hal yang sama juga berlaku bagi perusahaan. Koneksi yang mendalam dan tahan lama hanya bisa terjalin jika pelanggan dan klien berbagi nilai dengan Anda. Maka, semakin baik Anda mendefinisikan nilai-nilai Anda, bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut, dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan Anda, semakin dalam pula koneksi yang Anda ciptakan.
Jangan anggap enteng brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang.
Branding termasuk komponen penting yang ikut menentukan proses pengambilan keputusan membeli bagi pelanggan.
 Brand yang baik akan menempatkan perusahaan/ produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi pilihan utama. Brand, jika dikembangkan dengan baik, pun dapat menjadi wadah tunggal untuk mempromosikan bisnis, merangsang pengalaman yang unik, menciptakan ikatan khusus dengan pelanggan, serta memelihara konsistensi dengan kualitas layanan yang ditawarkan.
Satu hal yang harus Anda pahami adalah, kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi sensorik. Artinya, kita mendasarkan penilaian kita pada hal-hal yang dapat diterima panca indera kita, seperti stimulasi visual, rasa,  bau, sentuhan dan suara, dan kita melakukan ini bahkan di alam bawah sadar kita. Jadi, kita sangat terbiasa mengait-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya.
Mengapa kita harus memahami hal itu? Sebab, hal itu akan sangat membantu kita dalam membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan Anda. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan.
Contoh Starbucks. Begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang disematkan pada Starbucks. Itulah branding Starbucks. 

Perbedaan Brand Dan Merek

Perbedaan brand dan merek yang harus anda ketahui, pernakah anda membeli sebuah produk misal sabun mandi kemudian membaca dengan seksama tulisan yang ada dalam kemasannya? Bagaimana Anda menyebut tulisan tersebut, brand atau merek? Lalu apa perbedaan dari brand dan merek? Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merek mempunyai arti tanda yang diberikan oleh pengusaha (pabrik, produsen, dsb.) pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal. Sedangkan brand merupakan janji yang diberikan penjual kepada pembeli untuk keistimewaan, manfaat, keunggulan dari barang maupun jasa yang dikonsumsi.
Perbedaan brand dan merek bagaikan dua sisi mata uang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.  Merek adalah nama dan identitas sebuah produk sedangkan brand adalah citra yang ingin dibangun oleh sebuah merek. Hampir semua jenis produk baik barang maupun jasa memiliki merek.  Seperti nama bagi seorang anak yang mengandung doa serta harapan, merek bagi sebuah produk juga menjadi harapan agar diminati dan dipilih oleh para konsumen. Mengingat bagaimana vitalnya peran bagi sebuah produk maka harus direncanakan secara masak-masak.
Beberapa syarat dasar dari merek yang baik diantaranya mudah diingat dan unik. Selanjutnya adalah membagun citra atau brand dari perusahaan pemilik produk yang diselipkan melalui merek yang dikeluarkan. Salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih produk adalah merek. Konsumen melihat merek sebagai bagian yang vital dari sebuah produk. Melalui merek konsumen terbantu untuk mengenali karakteristik sebuah produk dan membuat konsumen berbelanja secara efisien. Setiap produk yang dipasarkan mempunyai perbedaan satu sama lain. Semakin beragam produk makin beragam pula merek serta citra yang ingin dibangun.
Pengaruh brand dan merek bagi sebuah produk memang sangatlah penting. Melalui merek inilah konsumen mempertimbangkan untuk membeli atau tidak produk tersebut. Dalam era masyarakat yang kian konsumtif dimana konsumsi atas suatu barang lebih didasarkan kepada gengsi suatu barang dan bukan didasari atas fungsi dari barang tersebut. Kemajuan teknologi telah membuat dunia tidak lagi tersekat oleh batas-batas seperti jarak. Anda sekarang di Jakarta dapat membeli produk dari India melalui aplikasi belanja online.
Hal inilah yang membuat persaingan pasar semakin ketat dan kompetitif. Barang siapa tidak dapat berinovasi serta minim kreativitas dapat dipastikan akan gugur atau bahkan gulung tikar. Merek yang sudah mempunyai tempat dihati para konsumen adalah bentuk dari inovasi yang dibarengi dengan komitmen untuk memberikan yang terbaik. Perbedaan brand dan merek bagi masing-masing perusahan muncul karena setiap perusahaan mempunyai identitas serta visi yang berbeda. Beberapa merek sebuah produk bahkan ada yang telah bertahan puluhan hingga seratus tahun dari mulai perusahaan tersebut berdiri. Dengan dapat bertahan dalam kurum waktu lama tentunya produk tersebut selalu mempertahankan kualitas serta inovasi yang terus menerus.
Perbedaan brand dan merek yang setipis benang memang terkadang membingungkan konsumen mana yang merek dan citranya. Banyaknya brand serta merek baru yang muncul dengan berbagai konsep yang ditawarkan telah mengaburkan pandangan masyarakat soal merek dan brand.
Mudahnya pemasaran melalui iklan yang kini setiap saat muncul lewat televisi membuat konsumen dijejali dengan berbagai jenis merek setiap harinya. Gempuran iklan yang terus menerus dapat membuat konsumen semakin konsumtif atau justru sebaliknya selektif. Perbedaan brand dengan merek yang ada bagi sebagian konsumen menjadikan mereka lebih cermat dan menimbang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk. Banyaknya pilihan yang ada memungkinkan konsumen untuk memilih mana yang terbaik diantara pilihan yang ada. Akan tetapi apabila konsumen malah terbuai dengan berbagai macam iklan serta pilihan yang ada dapat dipastikan konsumen terjerumus kedalam jurang tak berdasar bernama konsumtif.
Kembali kepada konsep membeli sesuai dengan apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan dapat menghindarkan anda menjadi konsumtif. Karena apabila menuruti keinginan yang ada maka tidak akan pernah dapat merasa cukup dan puas. Demikian ulasan mengenai merek, Jadi ingat untuk membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan anda bukan keinginan.
BRAND dan MEREK pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda.
    Menurut American Marketing Association, MEREK adalah suatu nama, simbol, istilah rancangan atau pun kombinasi dari semua hal-hal tersebut. Adapun yang menjadi tujuan pemberian merek ini adalah untuk mengidentifikasi suatu produk pun jasa dengan demikian menjadi berbeda dengan produk/jasa yang diproduksi oleh pesaing.
    Adapun yang dimaksud dengan BRAND adalah image, citra atau pun persepsi seseorang atau konsumen terhadap suatu produk. Brand ini adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang-orang bayangkan saat mendengar produk atau nama perusahaan disebutkan.
Meski berbeda, namun merek dan brand bagai 2 sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan.
Jadi Perbedaan antara merek dan brand adalah bahwa merek merupakan identitas suatu produk sementara brand lebih kepada citra yang (hendak) dibangun oleh merek.

Merek atau Brand adalah seuatu kepribadian sebuah perusahaan. Ini semua mencakup filosofi dari perusahaan, budaya dan produk atau jasa. Semua merek membawa pengalaman unik kepada pelanggan dalam jangka panjang,  dan membentuk afiliasi dengan nama merek perusahaan.
Sebuah merek juga membedakan perusahaan dari para pesaingnya. Perusahaan yang menciptakan identitas merek yang mudah diakses dan menarik bagi pelanggan telah memberikan keuntungan. Sehingga setiap produk atau layanan yang ditawarkan dikenal dari mereknya. Branding juga menjadi citra perusahaan secara keseluruhan yang dikomunikasikan melalui website, kartu nama dan pemasaran lainnya. Maka Perusahaan konsultasi merek memainkan peran yang cukup berharga untuk menempatkan image brand perusahaan. Jadi jangan pernah menganggap remeh pada penting sebuah merek dari sebuah bisnis.

Pengertian Logo
salah satu dari banyak komponen yang bekerja dari sebuah merek. Logo merupakan ilustrasi grafis dari identitas merek perusahaan, representasi visual yang mudah dikenal sebagai nama, simbol, merek dagang atau warna yang ditetapkan. Logo dapat menjadi tanda tangan merek sebuah perusahaan, logo mudah dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan menjadi citra posisi perusahaan. Kadang dengan Logo yang sudah mapan tentu dapat memberikan manfaat yang besar dan menggambarkan citra perusahaan yang baik atau buruk.
Merancang logo tidak boleh dianggap enteng. Logo yan ideal harus mewujudkan jantung dan jiwa dari sebuah perusahaan. Ini harus menjadi representasi unik dari kepribadian perusahaan. 

Hubungan merek dan logo
Sebuah fungsi logo adalah sebagai salah satu dari banyak bagian strategi merek perusahaan, sehingga langsung menghubungkan dengan pelanggan. Demikian juga image brand perusahaan yang kuat ditingkatkan di mata publik dengan pengakuan langsung dari Logo.
Tapi Logo dapat menarik pengakuan positif hanya jika sebuah perusahaan mengakui kehadiran merek mapan di pasar. Apakah logo sangat memberikan efek yang kuat atau lemah? Jika pelanggan tidak menyadari citra merek, artinya logo tidak memberikan respon yang baik dan tidak akan memicu kesan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, perusahan perlu fokus pada merek sebagai gambaran yang lebih besar dan melihat logo mereka sebagai bagian berharga dari strategi keseluruhan merek. 
Perusahaan membutuhkan keduanya, merek yang kuat dan identitas merek meyakinkan untuk posisi bisnis mereka dan mendorong pertumbuhan. Karena logo dianggap sebagai lebih nyata, perusahaan sering fokus mengubahnya daripada perubahan dalam strategi merek mereka secara keseluruhan.Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi mereka untuk memahami bahwa logo merupakan hasil dari "merek" yang mengeksplorasi persepsi visi, misi, nilai dan pelanggan mereka. 


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...