1.Mengapa
Komunikasi penting dalam manajemen ?
Jawab
:
Secara umum Komunikasi merupakan hal yang sangat penting terutama
dalam semua tingkatan manajemen , tetapi
komunikasi juga penting secara khususnya
dalam fungsi seorang pemimpin. Komunikasi dapat sebagai penyampaian
informasi dari pengirim kepada penerima dimana informasi itu dapat dipahami
oleh penerima komunikasi.
2.Apa saja
pengertian komunikasi menurut Harold
Koontz dan Cyril O’Donnel ?
Jawab :
Communications is received as the transfer of information from one
persons to an other whetter or not it elicits confidence. Bu th3e nformation
transferred must be understandable is the receiver.
Komunikasi digambarkan sebagai pemindahan informasi dari seseorang
ke orang lain terlepas dari dipercaya atau tidak. Tetapi informasi yang
ditransfer tentulah harus dipahami si penerima.
3.Apa saja
pengertian komunikasi menurut Drs.H.Malayu S.P. Hasibuan ?
Jawab :
Komunikasi adalah suatu alat untuk menyampaikan
perintah,laporan,berita,ide,pesan atau informasi dari komunikator kepada
komunikan agar diantara mereka terdapat interaksi.
4.Apa saja
pengertian komunikasi menurut R.C. Davis ?
Jawab :
Communication is the phase of the managerial process that
transmits ide as from one person to another for use in the performance of
managerial function
Komunikasi adalah suatu tahap dari proses kepemimpinan,yang
memindahkan ide seseorang ke orang lain untuk digunakan dalam fungsi fungsinya
memimpin pekerjaan.
5.Jelaskan Pengertian komunikasi secara umum
menurut (Uchyana 1992:3) ?
Jawab :
Komunikasi dibagi atas :
1)
Pengertian komunikasi secara etimologis
Komunikasi berasal dari bahasa latin Communication,
dan bersumber juga dari kata communis yang
artinya sama, dalam arti kata sama makna. Jadi komunikasi berlangsung apabila
antara orang-orang yang terlibat terdapat kesamaan makna mengenai suatu hal
yang dikomunikasikan.
2)
Pengertian komunikasi secara terminologis
Komunikasi yang berarti penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada
orang lain.
6.Jelaskan kesimpulan pengertian Komunikasi ?
Jawab :
Dari beberapa pengertian komunikasi diatas dapat dipahami
bahwa komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dapat berupa
ide, informasi, emosi, keterampilan dan sebagainya melalui simbol atau lambang
yang dapat menimbulkan efek berupa tingkah laku yang dilakukan dengan
menggunakan media-media tertentu.
Komunikasi membantu perencanaan managerial
dilaksanakan dengan efektif, pengorganisasian managerial dilakukan dengan
effektif, penggerakan managerial diikuti dengan efektif dan pengawasan
diterapkan dengan efektif.
1.
Jelaskan
tentang jenis jenis komunikasi dalam manajemen ?
Jawab
:
Dalam
melakukan komunikasi dalam manajemen ada beberapa macam diantaranya :
a) Komunikasi internyaitu
komunikasi yang dilakukan dalam organisasi itu sendiri baik antara atasan
dengan atasan atau bawahan dengan bawahan atau antara atasan dengan bawahan
atau sebaliknya.
b) Komunikasi Eksternyaitu
komunikasi yang dilakukan keluar organisasi.
c) Komunikasi Horizontal
yaitu komunikasi yang dilakukan baik intern maupun ekstern antar
jabatan yang sama.
d) Komunikasi Vertikalyaitu
komunikasi yang dilakukan dalam intern organisasi antara atasan dan bawahan
atau sebaliknya dalam suasana formil
2. Jelaskan
tentang Ruang Lingkup Komunikasi ?
Jawab
:
Ruang Lingkup dalam komunikasi ada dua, yaitu :
1.
Public Communication
Public communication adalah komunikasi yang ditujukan untuk
masyarakat l luas.
2.
Business
Communication
Yang dimaksud dengan business communication adalah komunikasi yang
terjadi dalam perusahaan.
3.
Jelaskan tentang Unsur-unsur Komunikasi ?
Jawab :
Unsur unsur Komunikasi adalah :
1.
Komunikator/Pengirim/Giver
Komunikasi dimulai oleh pengirim yang memiliki pikiran atau ide.
Pikiran atau ide ini, selanjutnya diolah sedemikian rupa sehingga dapat
dimengerti. Komunikator adalah orang yang menjadi sumber berita/informasi dalam
komunikasi
2.
Pesan/isi
berita/informasi
Adalah sesuatu yang menjadi inti dari komunikasi
3.
Channel/media
Merupakan alat atau media yang akan digunakan dalam berkomunikasi
didalam pemilihan media atau alat, komunikator harus selektif agar berita atau
informasi yang ingin disampaikan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media
yang digunakan suatu waktu tertentu terdapat dua atau lebih saluran yang
digunakan. Misal pembicaraan lewat telepon kedua pembicara dapat mencapai
kesepakatan pokok yang kemudian ditegaskan dalam surat.
4.
Komunikan
atau Receiver
Yang dimaksud komunikasi adalah pihak yang menerima informasi atau
berita.
5.
Feed Back
(Umpan balik)
Umpan balik sangat penting artinya karena kita tidak pernah dapat
mengetahui secara pasti apakah suatu pesan telah diolah, disampaikan, diolah
kembali oleh penerima dan dipahami. Atau dengan kata lain, feed back merupakan
tindakan lanjut dari komunikasi dimana antara pengirim dan penerima terjadi
interaksi.
4. Apa Fungsi dari komunikasi ?
Jawab
:
Komunikasi berfungsi sebagai sarana memadukan aktivitas-aktivitas
yang terorganisasi dan untuk pengambilan keputusan menyampaikan keputusan dan
usaha mengubah sikap.Komunikasi juga dapat dipandang sebagai sarana untuk
memodifikasi perilaku, mempengaruhi perubahan, memproduktifkan informasi, dan
sarana untuk pencapaian tujuan.
Sehingga, komunikasi merupakan inti dari organisasi dan merupakan
proses pokok yang melahirkan semua fungsi lain, baik untuk masalah agama,
keluarga, suku bangsa, atau perusahaan.
5. Jelaskan juga tentang Tujuan Komunikasi ?
Jawab :
Dalam arti secara luas, tujuan dari komunikasi selain untuk
menyampaikan ide, gagasan, berita adalah untuk mengadakan perubahan-perubahan,
mempengaruhi tindakan dan untuk mencapai kesejahteraan perusahaan, jika kita
bicara tujuan komunikasi dalam perusahaan.
Dalam dunia bisnis komunikasi
diperlukan untuk informasi tentang harga, kompetisi, teknologi dan keuangan
serta aktivitas pemerintah. Informasi ini merupakan dasar bagi pengambilan
keputusan yang akan mempengaruhi kualitas, strategi pemasaran, gabungan
faktor-faktor produk, dan arus informasi internal.
12.Secara
khusus suatu komunikasi sangat diperlukan untuk apa ?
Jawab :
Komunikasi sangat diperlukan untuk :
a.
Menetapkan
dan menyebarluaskan tujuan perusahaan,
b.
Menyusun
rencana untuk mencapai tujuan,
c.
Mengorganisasi
sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dengan cara yang paling efektif dan
efisien.
d.
Menyeleksi,
mengembangkan, dan menilai anggota organisasi,
e.
Memimpin,
mengarahkan, memotivasi, dan menciptakan iklim yang menimbulkan keinginan orang
untuk memberi kontribusi, dan
f.
Mengendalikan
prestasi
Secara grafis menunjukkan bahwa
komunikasi tidak hanya untuk memperlancar suatu fungsi manajemen, akan tetapi
komunikasi juga menghubungkan perusahaan dengan lingkungan eksternal dengan melalui pertukaran informasi dari para manajer
untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan pelanggan, ketersediaan dari rekanan atau
suppliers, tuntutan pemegang saham, peraturan-peraturan pemerintah, dan
kerisauan dari masayrakat.
13.Jelaskan tentang Proses
Komunikasi ?
Jawab :
Proses yang terjadi dalam komunikasi secara sederhana dapat
digambarkan sebagai berikut :
Gangguan
Feed Back
Keterangan :
-
Komunikator mengolah
sumber berita dan memahami sumber berita dahulu.
-
Hasil olahan
dan pemahaman dari komunikator merupakan isi dari komunikasi.
-
Komunikator
memilih media atau sarana yang tepat untuk menyampaikan isi berita atau
informasi.
-
Komunikator
menerima pesan, isi, informasi dari komunikator. Informasi yang diperoleh oleh
komunikator diolah dan dipahami.
-
Hasil olahan
dan pemahaman komunikan akan ditindak lanjuti oleh komunikator dan komunikan
itu sendiri dengan adanya komunikasi balik.
-
Gangguan
dalam proses komunikasi akan dibahas dalam bahasan berikutnya.
1.
Jelaskan tentang Jenis Komunikasi tertulis?
Jawab :
Komunikasi tertulis mempunyai
kelebihan karena menyediakan catatan, referensi, dan bukti hukum. Komunikator
mempersiapkan informasi dengan seksama dan menyampaikan informasi itu kepada
jumlah komunikan dengan cara mengirimkan pers secara masal.Adapun kelebihan
komunikasi tertulis adalah sebagai berikut :
a.
Ketepatan
Sebelum komunikasi tersebut disampaikan, komunikasi tersebut harus
telah diteliti lebih dahulu.
b.
Kelanggengan
Dengan komunikasi tertulis, keutuhan dan kelanggengan komunikasi
dapat terjaga.
c.
Komunikasi
ulangan dapat diperbanyak secara tepat dan cepat
Jika komunikasi tertulis tidak bisa dimengerti secara jelas oleh
komunikan kita dapat mengadakan komunikasi ulangan tanpa banyak memakan waktu.
d.
Daya
peringatan tinggi
e.
Menciptakan
keseragaman kebijaksanaan
Dengan adanya komunikasi tertulis maka akan tercipta keseragaman,
kebijaksanaan.
15 Jelaskan
tentang Kekurangan pokok dari komunikasi
tertulis ?
Jawab :
Kekurangan pokok tertulis dari komunikasi :
a.
Kebijaksanaan
yang bersifat rahasia dapat jatuh ke alamat yang salah.
b.
Komunikasi
yang telah beredar tidak memperhitungkan kemampuan baca masing-masing
pembacanya.
c.
Umpan balik
lebih sulit dan tertangguhkan.
16.Jelaskan
tentang Pedoman yang disarankan Keith Davis untuk meningkatkan aktivitas
komunikasi tertulis !!
Jawab :
1.
Gunakan
kata-kata dan ungkapan yang sederhana.
2.
Gunakan
kata-kata singkat yang telah dikenal luas
3.
Gunakan
kalimat dan paragraf pendek
4.
Gunakan kata
sifat dengan hemat.
5.
Ungkapkan
pikiran secara logis dan langsung.
6.
Hindari
kata-kata yang tidak perlu
17.Jelaskan tentang Komunikasi Lisan ?
Jawab :
Komunikasi lisan dapat berbentuk pertemuan tatap muka antara dua
orang atau seorang yang berpidato dihadapan banyak orang, atau dapat juga
bersifat formal dan informal, dan boleh jadi telah direncanakan atau kebetulan.
1. Jelaskan
kelebihan dari komunikasi lisan ?
Jawab :
Adapun kelebihan dari komunikasi lisan sebagai berikut :
-
Memberi kesempatan
pertukaran informasi dengan cepat dan dengan balikan yang segera.
-
Orang-orang
dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan memperjelas hal-hal yang diperlukan.
-
Dalam
informasi tatap muka, efeknya dapat terlihat dengan jelas.
-
Dengan
melakukan pertemuan-pertemuan informal atau terencana dapat memberi kontribusi
besar untuk pemahaman isyu-isyu yang timbul
18.Jelaskan pula tentang Sedang
kelemahan dari komunikasi lisan ?
Jawab :
Kelemahan komunikasi lisan adalah
:
1. Jenis komunikasi lisan tidak selamanya menghemat waktu.
2. Rapat-rapat tanpa hasil atau tidak ada kesepakatan yang tercapai.
3. Memerlukan biaya dan waktu yang sedikit.
19.Apa
yang disebut dengan Komunikasi Non Verbal ?
Jawab :
Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang tidak disampaikan
melalui kata-kata, yang berisi penekanan, pelengkap, bantahan, keteraturan,
pengulangan atau pengganti pesan komunikasi.
Penekanan berarti menyorot tajam atau menekankan beberapa bagian
pesan. Melengkapi berarti memperkuat sikap atau sifat, membantah berarti
menunjukkan perilaku yang tidak mempercayai pesan lisan.
Mengatur berarti mengendalikan atau menunjukan perubahan arah
pesan, mengulang berarti mengulangi pernyataan pesan lisan dengan perilaku,
mengganti berarti menggantikan pesan lisan dengan pesan tidak tertulis yang
memiliki arti serupa.
Maka sangat jelas sekali, komunikasi non verbal mendukung bertolak
belakang dengan komunikasi lisan yang kemudian menimbulkan ungkapan bahwa
sering berbicara dari pada kata-kata.
2. Jelaskan
tentang arus Komunikasi keatas Dalam Organisasi ? (upward communication)
Jawab
:
.
Komunikasi ke atas (upward communication)
Komunikasi ke
atas berasal dari bawahan kepada atasan dan berlanjut terus ke atas melalui
hirarki organisasi. Tapi terkadang komunikasi keatas sering digunakan untuk
sistem pengajuan saran, prosedur banding & keluhan, sistem pengaduan, rapat
kelompok, wawancara berhenti kerja.Namun arus komunikasi ini sering terganggu
oleh orang-orang dalam mata rantai komunikasi yang menyaring pesan-pesan &
tidak menyampaikan semua informasi itu, terutama informasi/berita yang tidak
menyenangkan, kepada atasan mereka.
Komunikasi ke
atas yang efektif mengharuskan adanya lingkungan dimana bawahan mendapat
keleluasaan untuk berkomunikasi.Tanggung jawab untuk menciptakan arus
komunikasi ke atas bebas hambatan sebagian besar tergantung pada atasan.
21.Jelaskan Komunikasi ke bawah ?
Jawab :
Komunikasi kebawah mengalir dari orang-orang atas kepada
orang-orang tingkat bawah dalam hirarki organisasi. Jenis komunikasi ke bawah
dapat kita jumpai dalam organisasi-organisasi yang bersifat autokratis.
Contoh komunikasi lisan ke bawah : instruksi, pidato, penggunaan
telpon pengeras suara.
Contoh komunikasi tulisan ke bawah : memorandum, surat, buku
pedoman, perangkat surat kabar, jurnal perpustakaan, papan pengumuman, buletin,
pernyataan kebijaksanaan.
22.Jelaskan
tentang identifikasi 5 jenis komunikasi dari atasan ke bawahan dari Katz &
Kahn ?
Jawab :
Identifikasi 5 jenis komunikasi dari Katz & Kahn adalah :
a.
Pengarahan
untuk melakukan tugas
b.
Informasi
untuk memahami hubungan tugas
c.
Prosedur dan
informasi tentang praktek perusahaan.
d.
Balikan
tentang prestasi bawahan
e.
Informasi
tentang tujuan perusahaan
Halangan dalam komunikasi kebawah
adalah bahwa informasi sering hilang/rusak pada saat menelusuri garis komando
ke bawah. Kebijaksanaan dan prosedur yang ditetapkan pimpinan tidak menjamin
komunikasi. Banyak pengarahan yang tidak dipahami atau tidak dibaca.
Konsekwensi sistem umpan balik
(feed back) merupakan hal yang penting untuk mengetahui apakah informasi telah
dipersepsikan sama seperti yang diinginkan pengirim.
23.Apa yang dimaksud dengan Komunikasi Bersilang ?
Jawab :
Komunikasi bersilang mencakup arus informasi horizontal
(organisasi-organisasi pada tingkat organisasi yang sama) dan arus informasi
diagonal.
Jenis komunikasi ini digunakan untuk mempercepat arus informasi,
meningkatkan pemahaman dan mengkoordinasikan upaya-upaya dalam rangka mencapai
tujuan organisasi.
Sebuah studi menunjukan bahwa hanya satu pertiga komunikasi yang
diolah para manajer adalah vertikal/kebawah sedang dua pertiganya bersilang
yaitu horisontal dan diagonal.
24. Komunikasi bersilang
seyogyanya berdasarkan pada pemahaman
.Jelaskan ?
Jawab
:
1.
Hubungan
bersilang akan didorong apabila sesuai
2.
Bawahan tidak
diperkenankan memberikan keterkaitan (commitment) diluar wewenang mereka
3.
Bawahan perlu
memberitahu atasan tentang wewenang mereka
4.
Bawahan perlu
memberitahu atasan tentang aktivitas-aktivitas penting antar departemen
3. Gangguan
dalam Berkomunikasi
Gangguan dalam komunikasi adalah
hambatan-hambatan yang sering terjadi dalam komunikasi yang pada akhirnya akan
mengakibatkan kegagalan dalam komunikasi yaitu pesan yang diterima tidak sesuai
dengan pesan yang dikirim.
Gangguan dalam komunikasi bisa terjadi dalam pengiriman,
penyampaian pesan, bahkan penerimaan pesan. Gangguan dalam komunikasi secara garis
besar dibedakan menjadi yaitu :
a)
Gangguan
fisik (biologis) yaitu gangguan yang disebabkan oleh kurang baiknya pancaindera
komunikator/komunikan misalnya penglihatan yang kurang baik dan suara-suara
gangguan mesin.
b)
Gangguan
psikologis terjadi karena adanya prasangka dan penyimpangan dalam pikiran
pengirim atau penerima. Misalnya adanya perbedaan sikap, opini yang
bertentangan disebabkan perbedaan status.
c)
Gangguan
semantik yaitu kesalahpahaman arti yang dimaksud karena kosa kata yang dipakai
tidak memadai, tidak lazim atau penggunaan bahasa teknik atau golongan
tertentu.Misalnya bahasa yg berbeda.
d)
Gangguan
teknis, adalah gangguan yang disebabkan oleh alat alat teknis yang dipergunakan
untuk berkomunikasi, kurang baik. Misalnya telephone, jaringan internet dan
sebagainya.
e)
Gangguan
kemampuan, adalah hambatan yang disebabkan komunikasi kurang mampu menangkap
dan menafsirkan pesan komunikasi, sehingga terjadi salah penafsiran
4. Apa saja
hambatan dalam komunikasi organisasi ?
Jawab :
Hambatan dalam komunikasi organisasi adalah :
1.
Tingkatan
Hirarki
Bahwa setiap tingkatan dalam
menilai komunikasi dapat menambah mengurangi, merubah atau bahkan sama
sekali beda dengan aslinya.
2.
Wewenang
Manajerial
Seseorang yang mengendalikan orang lain yang akan menimbulkan
hambatan terhadap komunikasi. Sering kali atasan merasa tidak dapat sepenuhnya
menerima berbagai masalah kondisi/hasil yang dapat membuat mereka tampak lemah.
3.
Spesialisasi
Perbedaan fungsi, kepentingan & istilah-istilah pekerjaan
dapat membuat orang-orang merasa bahwa mereka hidup dalam dunia yang berbeda.
Sehingga hal tersebut menghalangi perasaan masyarakat, sulit memahami, memberi
dan mendorong terjadinya kesalahan-kesalahan.
5. Jelaskan apa
saja Hambatan Komunikasi Antar Pribadi ?
Jawab :
Hambatan komunikasi antar pribadi adalah
1.
Persepsi
Selektif
Tiga aspek hambatan persepsi :
a.
Penerima akan
menanggapi berita berdasarkan pengalaman pribadi dan bagaimana mereka telah
belajar untuk menanggapi sesuatu.
b.
Penerima akan
menanggapi berita dengan cara menolak setiap perubahan dalam struktur
kepribadian yang kuat. Berita yang bertentangan dengan keyakinan seseorang
cenderung untuk ditolak.
c.
Penerima
cenderung mengelompokkan dan menyimpan karakteristik-karakteristik pengalaman
mereka sehingga mereka dapat membuat pola-pola menyeluruh.
2.
Status
Komunikator
Komunikan cenderung untuk menilai, mempertimbangkan dan membentuk
pendapat atas dasar karakteristik pengirim. Kualitas komunikator yang bagus
akan mengkomunikasikan kebenaran.
3.
Keadaan
membela diri
Perasaan membela diri pada pengirim, penerima berita.
4.
Pendengaran
lemah
5.
Ketidaktepatan
penggunaan bahasa
Misal, seseorang berkata “kerjakan secepat mungkin” akan
menimbulkan persepsi yang berbeda.
24.Ada beberapa langkah untuk mencegah gagalnya
komunikasi. Langkah-langkah ini harus dikerjakan sebelum informasi
disampaikan .Jelaskan?
Jawab :
1.
Pengenalan
Pendengar (Audensi)
Mengenali orang-orang yang akan menerima informasi, kita harus
tahu karakteristik pendengar agar informasi yang akan kita sampaikan bisa
diterima oleh komunikan.
2.
Keselarasan
komunikasi
Menjelaskan keselarasan struktur untuk memungkinkan penerimaan
maksimal para pendengar. Dalam keselarasan ini kita harus menyelaraskan tingkat
informasi dengan kecerdasan, umur, pendidikan.
3.
Mengenali
komunikator
Komunikan juga perlu mengenali komunikator karena komunikator yang
baik tentu akan menyampaikan kebenaran.
Komunikator yang baik akan
ditanggapi dengan baik pula oleh komunikan.
25.Jelaskan tentang Komunikasi
yang Efektif ?
Jawab :
Beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan
komunikasi, yaitu :
1.
Pengkajian
komunikasi
Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi dalam perusahaan,
dengan pendekatan makro, yaitu merupakan alat untuk memeriksa kebijaksanaan,
jaringan, dan aktivitas komunikasi. Komunikasi organisasi dipandang sekelompok
faktor-faktor komunikasi yang berkaitan dengan tujuan komunikasi.
2.
Pedoman dan
teknik komunikasi
Pemahaman dasar tentang model proses komunikasi membantu dalam
mengidentifikasi unsur-unsur penting dalam proses komunikasi.
26.American
Management Associations (AMA), menyusun prinsip-prinsip komunikasi yang disebut
“The Ten Commandments of Good Communication”
(Sepuluh pedoman komunikasi yang
baik) Jelaskan !!
Jawab :
1.
Memperjelas
ide sebelum dikomunikasikan.
2.
Mengkaji
tujuan komunikasi
3.
Pertimbangkan
keadaan fisik dari manusia secara keseluruhan, kapan saja komunikasi akan
dilakukan.
4.
Komunikasikan
dengan pihak-pihak lain bila perlu.
5.
Perhatikan
tekanan dana dan ekspresi lainnya sesuai isi dasar berita selama berkomunikasi.
6.
Ambil kesempatan
bila timbul untuk mendapatkan segala sesuatu yang membantu/untuk mendapatkan
umpan balik.
7.
Agar efektif,
komunikasi memerlukan tindak lanjut.
8.
Komunikasikan
pesan-pesan yang memiliki kadar penting jangka pendek dan jangka panjang.
9.
Tindakan
harus serasi dan sejalan dengan komunikasi
10. Jadi pendengar yang baik.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.