PERENCANAAN (PLANNING)
1. Apa
pengertian perencanaan ?
Jawab :
Perencanaan adalah sesuatu yang
ingin dicapai dimasa yang akan datang atau sesuatu yang akan dikerjakan dimasa
yang akan datang. menurut, Koontz , perencanaan adalah menentukan sesuatu yang
akan dikerjakan dimasa yang akan datang. Bagaimana untuk mengerjakan dan siapa
yang akan mengerjakan, perencanaan adalah kepandaian untuk menangkap setiap
kesempatan dengan pertimbangan yang hati-hati.
2. Siapa
yang membuat perencanaan dalam suatu organisasi perusahaan ?
jawab :
Perencanaan semata-mata bukan fungsi
Top Manager, memang Top Manager mencurahkan lebih banyak waktu untuk membuat
rencana daripada manajer tingat menengah dan bawah, tapi kenyataan setiap manager
harus membuat rencana untuk dilaksanakan dalam wewenangnya dan bidangnya
bekerja. Perencanaan yang disusun harus bersifat flexible (mudah berubah)
karena jika kita meramalkan keadaan yang akan datang sering masih dapat meleset
oleh karena itu perencanaan harus memperhatikan perubahan2 yang akan dialami
dengan tidak merusak seluruh rencana yang dibuat.
3. Jelaskan
hubungan perencanaan dengan rencana ?
Jawab :
Hubungan perencanaan (planning)
dengan rencana (plan) adalah, perencanaan diproses oleh perencana dan hasilnya
menjadi rencana jadi perencanaan diproses untuk menentukan rencana.Dimana
didalam rencana dibuat atau ditetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan pedoman
pelaksanaan untuk mencapai tujuan itu.
Suatu rencana perlu disusun , karena
untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan ketidak pastian maka diperlukan
suatu pedoman untuk mengambil tidakan agar tujuan dapat tercapai. Pedoman
bertindak untuk menghadapi ketidak pastian ini yang disebut dengan rencana.
4. Mengapa
perecanaan sangat penting dalam suatu perusahaan ?
Jawab :
Perencanaan sangat penting terutama
dalam suatu organisasi perusahaan karena , tanpa ada perencanaan dan rencana
maka :
a.
Tidak
ada tujuan yang akan dicapai.
b.
Tidak
mempunyai pedoman pelaksanaan.
c.
Tidak
mempunyai dasar pengendalian.
5.
Jelaskan pengertian Planning dari Harold Koontz and Cyril O’Donnel ?
jawab
:
Pengertian perencanaan dari : Harold
Koontz and cyril O’Donnel “ Planning is function of a manager which involves
the selection from alternatives of obyectives,policies,prosedures and programs”
artinya :
Perencanaan adaalah fungsi seorang
manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan2,kebijakan2,prosedur2,program2
dari alternative yang ada.”
6.
Jelaskan pengertian Planning dari George
Terry ?
jawab
:
G.R.
Terry. “ Planning is the selecting and relating of facts and the making
and using of assumptions regarding the future in the visualization and
formulation of proposed activitions believed necessary to achieve desired
results.
Artinya :
Perencanaan adalah memilih dan
menghubungkan fakta dan membuat serta menggunakan asumsi2 mengenai masa datang
dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan2 yang diperlukan untuk
mencapai hasil yang diinginkan.
7.
Jelaskan pengertian Planning dari Louis
A Allen ?
jawab
:
Louis A.Allen. “Planning is the
determination of the course of action to achieve a desired result.”
Artinya :Perencanaan adalah sejumlah keputusan mengenai serangkaian
tindakan, yang berhubungan dengan pemilihan sejumlah alternative untuk mencapai
hasil yang diinginkan.
8.
Jelaskan pengertian Planning dari Drs.Malayu
S.P. Hasibuan ?
jawab
:
Sedangkan pengertian Rencana menurut
Drs.Malayu S.P. Hasibuan .
Rencana adalah sejumlah keputusan
mengenai keinginan dan berisi pedoman pelaksanaan untuk mencapai tujuan yang
diinginkan itu.Jadi setiap rencana mengandung dua unsur yaitu “Tujuan dan
Pedoman”.
9. Jelaskan
mengenai beberapa macam bentuk rencana ?
Jawab :
Bentuk Rencana adalah :
1.
Purpose
or missions. Setiap
macam kelompok organisasi mempunyai tujuan yang dicita-citakan untuk
kepentingan masyarakat luas sebagai lingkungannya dimana organisasi itu berada.
Tujuan ini biasanya sesuai dengan bentuk organisasinya, organisasi perusahaan
ingin memproduksi dan menyalurkan barang dan jasa didalam meningkatkan
kehidupan perekonomian.
2.
Objectives. Objectives merupakan akhir dari
suatu aktifitas yang sudah diarahkan, juga tidak hanya merupakan tujuan dari
fungsi perusahaan saja tetapi merupakan tujuan dari fungsi manajemen lainnya.
Objectives membutuhkan suatu rencana pokok, karena semua kegiatan-kegiatan
perusahaan diarahkan untuk mencapai tujuan akhir tersebut.
3.
Strategies. Strategies merupakan jenis rencana
yang khusus karena para manajer memberikan perhatian istimewa terhadap tindakan
pesaingnya untuk ini manager harus mempunyai pengetahuan yang luas mengenai
rencana para pesaingnya dan manajer harus peka melihat kesempatan-kesempatan
yang ada.
4.
Policies. Merupakan jenis rencana yang
memberikan petunjuk secara garis besar dalam membimbing bawahan untuk berpikir
dan bertindak dalam mengambil keputusan. Policy timbul karena bawahan diberi
wewenang untuk membuat keputusan yang berhubungan erat dengan objectives.
5.
Procedures. Prosedur berhubungan dengan
pemilihan cara2 bertindak dan penerapan aktivitas2 pada masa yang akan datang.
Prosedur menitik beratkan pada bimbingan kearah tindakan yang harus
dilaksanakan jadi prosedur merupakan urutan-urutan dan cara-cara bagaimana
setiap pekerjaan harus dilaksanakan.
6.
Rules. Rules merupakan tindakan khusus
dan tertentu yang berhubungan dengan suatu situasi. Rules sering disamakan
dengan prosedur padahal sebenarnya berbeda karena rules tidak memerlukan urutan
waktu dalam tindakan yang khusus tetapi ada hubungannya dengan prosedur dalam
hal prosedur membimbing tindakan. Rules mungkin merupakan bagian dari prosedur
walaupun rules biasanya menunjukan tindakan khusus disamping prosedur.
7.
Programs. Program merupakan kesatuan
policies dan procedures, biasanya ditunjang oleh keperluan kapital dan
operating budget supaya lebih mengarahkan tindakan. Jadi program merupakan
kegiatan yang direncanakan dan diintegrasikan menjadi satu kesatuan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
8.
Budgets. Budgets merupakan rencana yang
berbentuk pernyataan tentang hasil yang diharapkan dan dinyatakan dalam angka2.
Budgets secara keseluruhan mungkin dinyatakan dengan suatu ukuran keuangan atau
merupakan pernyataan hasil yang diramalkan dalam ukuran jam kerja, jumlah
produksi, jam mesin atau ukuran lain yang dapat disusun dalam bentuk angka2.
Karena budgets mengandung harapan2 yang dinyatakan dengan angka2 yang jelas
maka budget dapat dijadikan sebagai bahan untuk perbandingan mengenai hasil
yang ingin dicapai dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk perbandingan budget
secara keseluruhan.
10. Jelaskan
mengapa Rencana penting bagi suatu organisasi perusahaan ?
Jawab :
Pentingnya suatu rencana adalah
bahwa dengan perencanaan biaya2 dapat ditekan,
seluruh perhatian ditujukan kepada tujuan yang telah ditetapkan,
perencanaan dan rencana adalah dasar dari pengendalian dan dengan perencanaan juga rencana bukan berarti
tidak ada keputusan dan proses manajemen pun tidak ada.
11. Pertanyaan
pokok apa saja yang harus dijawab secara ilmiah dalam pembuatan suatu rencana ?
Jawab :
Dalam membuat suatu rencana ada beberapa pertanyaan
pokok yang harus dikemukakan,dan yang harus dijawab secara ilmiah ,artinya
harus dijawab atas hasil analisa,data dan fakta adalah sebagai berikut :
1.
What
? ( Apa ) Apa yang akan dicapai,
tindakan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai sasaran, sarana dan prasarana
apa yang diperlukan harus ada penjelasan dan rinciannya.
2.
Why ? (MengaMengapa hal itu harus dilakukan ?
mengapa harus dikerjakan dan mengapa tujuan harus dicapai ?
3.
Where
? ( Dimana ?) Dimana akan dilakukan ? (pemilihan tempat perusahaan ), perlu
dijelaskan dan diberikan alas an-alasannya berdasarkan pertimbangan ekonomis
4.
When
? (Kapan ?) Kapan rencana akan dilakukan
? ( Penentuan waktu dimulainya rencana) .Penjelasan waktu dimulainya rencana,
baik untuk tiap bagian maupun untuk seluruh pekerjaan, disini ditetapkan waktu
standard untuk melakukan
pekerjaan-pekerjaan.
5.
Who
? ( Siapa ?)Siapa yang akan melakukannya jadi pemilihan dan penempatan
karyawan,menetapakan persyaratan dan jumlah karyawan yang akan melakukan
pekerjaan,luasnya wewenang dari masing2 pekerja.
6.
How
? ( Bagaimana ?) Bagaimana cara pengerjaannya,perlu diberi penjelasan mengenai
tehnik2 pengerjaannya.
Kalau semua pertanyaan tersebut ( 5
W + H ) dapat dijawab dengan baik maka
rencana yang dihasilkan akan baik pula.
12,Jelaskan
mengenai prosedur langkah langkah suatu Perencanaan ?.
Jawab :
Prosedur (langkah-langkah) perencanaan yang
baik, harus dilakukan sebagai berikut :
1. Menjelaskan
dan merumuskan dahulu masalah,usaha dan tujuan yang akan direncanakan.
2.
Mengumpulkan data ,informasi dan fakta yang diperlukan secukupnya.
3.
Menganalisis dan mengklasifikasikan data,informasi dan fakta serta
hubungan2nya.
4. Menetapkan
perencanaan,premises dan hambatan2nya serta hal yang mendorongnya.
5.
Menentukan beberapa alternatif.
6. Pilih rencana yang terbaik dari alternatif
yang ada.
7.
Tetapkan urutan2 dan penetapan waktu secara terinci bagi rencana yang
diusulkan.
8.
Laksanakan pengecekan tentang kemajuan rencana yang diusulkan.
13.Jelaskan
mengenai jangka waktu rencana ?
Jawab :
Untuk menetapkan langkah-langkah dan
tindakan-tindakan yang harus dilaksanakan dalam waktu tertentu serta tujuan
yang harus dicapai, maka perlu diadakan
pembagian waktu rencana.Sebagai berikut :
1). Rencana jangka pendek (Short range planning.)
Merupakan perencanaan
jangka waktu pendek yang meliputi waktu kurang dari satu tahun.
2).Rencana jangka menengah (Intermediate range planning.)
Merupakan perencanaan
jangka waktu menengah yang meliputi waktu satu tahun atau lebih tetapi kurang
dari lima tahun.
3). Rencana jangka panjang (Long range planning.)
Merupakan perencanaan jangka panjang
yang meliputi waktu lebih dari lima tahun.
Dalam menentukan waktu rencana,harus
dikaitkan dengan kondisi perusahaan yang direncanakan,misalnya perencanaan
jangka pendek harus terintegrasi dengan perencanaan jangka menengah,
perencanaan jangka menengah harus terintegrasi dengan perencanaan jangka
panjang.Jadi pada pokoknya perencanaan jangka pendek merupakan bagian dari
perencanaan jangka menengah dan perencanaan jangka menengah merupakan bagian
rencana jangka panjang.
14.Apa
saja keuntungan dengan adanya Rencana ?
Jawab :
Keuntungan Perencanaan adalah :
1.
Tujuan menjadi jelas,obyektif dan rasional.
2.
Semua aktivitas terarah,teratur dan ekonomis.
3.
Menyebabkan semua aktivitas teratur dan bermanfaat.
4.
Meningkatkan daya guna dan hasil guna
semua potensi yang dimiliki.
5.
Dapat menggambarkan keseluruhan perusahaan.
6.
Dapat memperkecil resiko yang dihadapi perusahaan.
7.
Memberikan landasan untuk pengendalian.
8.
Merangsang prestasi kerja.
9.
Memberikan gambaran mengenai seluruh pekerjaan dengan jelas dan lengkap.
10.
Dapat diketahui tingkat keberhasilan karyawan.
15.Apa
saja kerugian dengan adanya Rencana ?
Jawab
:
Kerugian perencanaan :
1.
Akan
membatasi tindakan dan inisiatif para bawahan,karena mereka harus bekerja
sesuai dengan pola yang telah ditetapkan.
2.
Menyebabkan
terlambatnya tindakan yang perlu diambil
dalam keadaan darurat,padahal keadaan darurat perlu diambil keputusan
yang cepat.
3.
Informasi
yang dibutuhkan untuk meramalkan masa yang akan datang belum tentu tepat,
sehingga manajer tidak akan dapat secara pasti meramalkan apa yang akan terjadi
pada masa yang akan datang.
4.
Biaya
yang diperlukan untuk perencanaan cukup
besar,bahkan dapat melampaui hasil yang akan dicapai.
5.
Mempunyai
penghalang-penghalang psikologis,karena orang lebih memperhatikan masa sekarang
daripada masa yang akan datang.
16.
Apa saja Syarat-syarat perencanaan yang baik ?
Jawab
:
Perencanaan
yang baik harus :
1.
Harus
mempunyai tujuan yang jelas,obyektif,rasional.
2.
Mudah dipahami.
3.
Dapat
dipakai sebagai pedoman untuk bertindak ekonomis dan rasional.
4.
Harus
menjadi dasar dan alat untuk pengendalian semua tindakan.
5.
Dapat
dikerjakan oleh sekelompok orang
6.
Menunjukkan
urutan-urutan waktu pengerjaan.
7.
Fleksibel,
tetapi tidak mengubah tujuan.
8.
Berkesinambungan.
9.
Meliputi
semua tindakan yang akan dilakukan.
10.
Pemberian
tugas harus seimbang dengan penyediaan fasilitas.
11.
Tidak
boleh ada pertentangan antar departemen.
12.
sensitive
terhadap situasi, sehingga terbuka kemungkinan untuk mengubah tehnik
pelaksanaannya tanpa mengalami perubahan pada tujuannya.
13.
Ditetapkan
dan diimpletasaikan atas hasil analisis data,informasi dan fakta.
17.Jadi
apa Karakteristik rencana yang baik itu ?
jawab :
Karekteristik
rencana yang baik adalah :
Rencana yang dapat dipraktekkan atau
yang dapat dilaksanakan, mengingat para pelaksana rencana terdiri dari berbagai
macam orang dengan segala perbedaannya, serta adanya situasi dalam
pelaksanannya, maka rencana yang baik adalah rencana yang sederhana, jelas dan
mudah dimengerti oleh para pelaksananya, serta luwes atau fleksibel dalam
menghadapi berbagai situasi.
18.Sebutkan Jenis rencana perusahaan
ditinjau dari segi pentingnya rencana ?
Jawab :
1.
Mayor planning (rencana utama/rencana
vital).
2.
Minor planning (rencana tambahan yang
melengkapi rencana utama).
19.Sebutkan jenis rencana ditinjau dari segi tempat
perusahaan ?
Jawab :
1.
Rencana
perusahaan pusat ( Center planning)
2.
Rencana
perusahaan cabang ( regional branch
planning )
20. Jelaskan
syarat syarat Rencana yang efektif ?
Jawab :
Rencana yang memenuhi syarat syarat tertentu, yang
dapat dinilai dari segi :
1. Kegunaannya, rencana akan efektif
apabila rencana itu berguna untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Ketepatan waktu, rencana akan
efektif kalau rencana tersebut mampu menjamin ketepatan waktu pelaksanaannya.
3. Biaya rencana efektif, adalah
rencana yang disusun dan pelaksanannya tidak memerlukan biaya yang tinggi yang
melebihi hasil yang akan dicapai.
4. Stabilitas, adalah rencana yang
tidak dirubah sampai jangka waktu tertentu.
5. Lengkap, terpadu secara
koordinasidan konsisten dalam pelaksanaannya.
6. Tanggung jawab dalam pelaksanaannya
dan dapat dipertanggung jawabkan.
21
Apa saja yang harus dimiliki suatu
perencanaan agar berguna dalam mencapai tujuan ?
Jawab :
Perencanaan harus memiliki
sifat sebagai berikut :
1. Harus bisa menanggulangi ketidak
pastian.
2. Fokus pada tujuan (sasaran) yang
spesifik.
3. Rencana harus efektif
4. Harus dapat menjadi dasar dari
pengendalian.
21. Dibagi
atas apa saja Rencana Operasional ?
Jawab :
Rencana operasional dibagi
atas :
1.
Rencana
sekali pakai, yaitu rencana yang digunakan dalam strategi yang tidak diulang
misalnya :
·
Program
yang memperlihatkan langkah-langkah pokok yang diperlukan untuk mencapai suatu
tujuan, bertanggung jawab atas pelaksanaan setiap langkah serta urutan dan
pengaturan waktu setiap langkah.
·
Proyek,
hamper sama dengan program tetapi mencakup lebih sedikit kegiatan.
·
Anggaran,
merupakan pernyataan tentang sumber daya keuangan yang disediakan untuk
mencapai tujuan.
2.Rencana tetap, rencana yang digunakan dalam situasi
yang berulang-ulang dimana tindakan yang sama bisa dipakai.
·
Kebijaksanaan, merupakan pedoman umum untuk pengambilan
keputusan.
·
Prosedur
standard, memberikan pedoman yang lebih terperinci untuk melaksanakan
kebijaksanaan.
·
Peraturan,
memberikan pengarahan yang khusus untuk melaksanakan kegiatan yang khusus.
24. Siapa yang membuat perencanaan
dalam suatu perusahaan ?
Jawab
:
Perencanaan
dibuat atau diproses oleh semua manajer disetiap lini dalam organisasi
perusahaan, dimana perbedaannya terletak dari luasnya rencana yang akan dibuat.
Semakin tinggi posisi jabatan manajer maka semakin luas rencana yang
disusunnya.
Perencana
itu adalah :
1. Manajer yang melaksanakan
perencanaan sendiri. Dalam hal ini manajer secara individu melakukan
perencanaan tanpa mengikutsertakan bawahannya.
2. Manajer melaksanakannya ,
disesuaikan dengan usulan bawahan. Dalam hal ini rencana disusun sendiuri oleh
manajer, dengan informasi, usul2 dan saran dari bawahan.
3. Manajer yang menetapkan prosedur
perencanaan , bawahan yang menyusun rencana detailnya.
4. Manajer memutuskan perencanaan yang
disusun oleh bawahan
25, Siapa lagi yang membuat perencanaan
selain manajer ?
Jawab
:
Disebut dengan Joint
Participation planning. Dimana dalam hal ini Manajer melakukan perencanaan dengan cara :
1. Mengadakan konsultasi dengan mengikutsertakan
bawahan.
2. Menugaskan suatu komite dalam
perencanaan
3. Menugaskan atau membentuk tim khusus
dalam perencanaan.
26. Apa yang dimaksud dengan Planning Premises ?
Jawab
:
PLANNING
PREMISES , adalah suatu forecests yang meramalkan mengenai data dari fakta yang
ada serta kebijaksanaan2 pokok yang diharapkan dapat dilaksanakan diwaktu yang
akan datang. Jadi suatu perusahaan harus mengadakan forecasts untuk menentukan
keadaan perusahaan yang akan datang, jumlah penjualan yang akan datang dan
sebagainya.
27.
Jelaskan hubungan antara prediction
(taksiran) dengan premises,!!
Jawab :
·
Prediction
(taksiran) adalah mengenai kejadian-kejadian
pada masa depan yang tidak dapat dikontrol.
·
Premises
(perencanaan ramalan), selalu didasarkan pada ramalan,tapi ramalan dapat
dilakukan tanpa ramalan. Ramalan banyak ketidakpastiannya dan resikonya besar,
sedangkan premises berdasarkan hasil analisa data,informasi dan fakta, jadi
resikonya kecil.
28.
Planning premises dapat dibagi menjadi 3 golongan, sebutkan !!
Jawab :
Planning premises dapat dibagi
menjadi 3 golongan yaitu :
1. Non
controlable, Ialah hal2 dimana suatu perusahaan yang mengadakan rencana
tidak dapat menguasai keadaan, misalnya mengenai perkembangan penduduk, situasi
politik, kebijaksanaan pajak dsb.
2. Semi
controlable, Disini perusahaan tidak dapat mengontrol keadaan, tapi
mempunyai pengaruh terhadap gejala2 yang akan terjadi. Misalnya effisiensi
tenaga kerja, kebijaksanaan harga (dapat dipengaruhi melalui policy tertentu).
3. Controlable,
Disini perusahaan dapat mengontrol masalah2 perusahaan sendiri serta menentukan
arah dari suatu rencana.
29.
Planning Premises dibagi menjadi 4 bagian , coba sebutkan !!
Jawab
:
1. External premises.
Yang termasuk dalam external
premises ialah :
a).
General bussines environment, misalnya keadaan politik, pengawasan pemerintah,
jumlah penduduk .
b).
Product market, yang dimaksud adalah industrial demand, yang meliputi segala
yang mempunyai pengaruh terhadap permintaan barang2 yang dihasilkan oleh
perusahaan itu.
c).
The factor market, ini meliputi hal2 mengenai tanah, tenaga kerja, lokasi,
modal dan sebagainya.
2. Internal premises.
Adalah semua data yang ada dalam
perusahaan seperti, capital investment, sales dan sebagainya.
3. Tangible premises.
Adalah data yang secara nyata dapat
dilihat, dapat diukur dalam satuan-satuan tertentu, misalnya meter,kilogram,liter dan lain
sebagainya.
4. Intangible premises.
Adalah data yang tidak dapat dilihat
secara nyata dan tidak dapat dilukiskan secara pasti, tetapi akibatnya dapat
dirasakan misalnya kemauan baik,sikap,status perusahaan dan lain sebagainya.
30.
Jelaskan tentang Ancangan dalam perencanaan ?
Jawab
:
Ancangan dalam
perencanaan dikenal dengan :
·
Top
Down Planning adalah rencana yang disusun pada tingkat atas, kemudian
diserahkan kepada bawahan (daerah/cabang)
·
Bottom
up Planning adalah perencanaan yang terlebih dahulu disusun pada tingkat bawah
(daerah, kantor cabang), kemudian berdasarkan hasil itu ditetapkan apa yang
akan direncanakan di pusat atau kantor pusat perusahaan. Jadi rencana yang
dibuat di pusat berpedoman pada perencanaan dari daerah atau kantor cabang.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.