Saturday, December 27, 2014

Contoh Soal Kasus (6)



(Soal 6) UAS AK  ..A
ANALISA KASUS : PROTES DI GARDU LISTRIK.
Situasi dua orang pekerja yang masih muda yaitu Sudrajat dan Karel pada pabrik mobil, mengadakan protes karena gagal untuk membuat Hendra Tanoto yaitu mandor mereka dipecat, mereka menguasai gardu listrik dan memacetkan bagian perakitan pabrik PT. Tobota Berlian Mobil Tindakan ini menyebabkan kerugian perusahaan hampir sebesar lima ratus juta rupiah.
Kemudian Manajer pabrik mengabulkan permintaan para buruh tersebut dengan memecat mandor,kemudian  memperkerjakan kembali dua pekerja tersebut pada hari berikutnya, dan menyiapkan sebuah laporan mengenai kejadian tersebut pada supervisornya. Kepala perserikatan buruh memberi komentar bahwa hal ini bisa menjadi suatu cara untuk mengatasi pertengkaran dimasa datang.

Masalah : Bagaimana perusahaan itu dapat memperoleh kembali pengendalian atas pabrik itu dan mengelolanya dengan persetujuan penawaran yang kolektif?

Pertanyaan :
1.       Sumber kekuasaan apa yang dimiliki Sudrajat dan Karel Hutabarat pada waktu mereka mengambil-alih gardu listrik itu?
2.       Uraikan kekuasaan dan otoritas Hendra Tanoto, serikat buruh, dan manajer pabrik.
3.       Tinjaulah kembali peristiwa hari itu dengan manajer pabrik, terutama keputusan yang telah dibuat dan dampaknya di masa depan. Dapatkah situasi itu diselesaikan dengan lebih efektif? Bagaimana?
4.       Koordinasi seperti apa yang seharusnya dilakukan oleh Manajer Pabrik untuk menanggulangi hal tersebut ?
5.       Menurut pendapat saudara apa yang dimaksud dengan komunikasi ? pemecatan mandor pabrik apakah mungkin karena adanya hambatan berkomunikasi ?
6.       Jelaskan hambatan komunikasi dan bagaimana cara penanggulangannya.!


                              -------------------------------------------------------------------------- 





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...