Monday, October 31, 2016

Soal Uts untuk perbaikan



SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Mata Kuliah     : Management Introduction (S1 Manajemen)
W a k t u            :  90 menit
Dosen Pengampu : Yaya Ruyatnasih    
_________________________________________________________________________
ANALISA KASUS : PROTES DI PABRIK MOBIL
Situasi dua orang pekerja yang masih muda yaitu Karel dan Roni , pada pabrik mobil, mengadakan protes karena gagal untuk membuat Tanoto , yaitu mandor mereka dipecat, mereka menguasai gardu listrik dan memacetkan bagian perakitan pabrik PT. Tobota Berlian Mobil  dan Tindakan ini menyebabkan kerugian perusahaan hampir sebesar lima ratus juta rupiah.
Kemudian Manajer pabrik mengabulkan permintaan para buruh tersebut dengan memecat mandor,kemudian dan memperkerjakan kembali dua pekerja tersebut pada hari berikutnya, dan menyiapkan sebuah laporan mengenai kejadian tersebut pada supervisornya.  Kepala perserikatan buruh memberi komentar bahwa hal ini bisa menjadi suatu cara untuk mengatasi pertengkaran dimasa datang.
Masalah : Bagaimana perusahaan itu dapat memperoleh kembali pengendalian atas pabrik itu dan mengelolanya dengan persetujuan penawaran yang kolektif?
pertanyaan kasus
1.      Sumber kekuasaan apa yang dimiliki Karel dan Ronni pada waktu mereka mengambil-alih gardu listrik itu? Jelaskan tentang macam kekuasaan (authority) !!
2.      Menurut pendapat saudara mengapa hal tersebut bisa terjadi, koordinasi seperti apa yang seharusnya dilakukan manajer pabrik ? jelaskan tentang macam2 Koordinasi.!!
3.      Dilihat dari pengorganisasian, jenis organisasi apa yang ada dalam perusahaan tersebut jelaskan ? jelaskan pula tentang jenis2 organuisasi !!
4.      Jelaskan tentang komunikasi , komunikasi seperti apa yang seharusnya dilakukan buruh tersebut ? dan jelaskan pula tentang hambatan komunikasi dan cara penanggulangannya.
5.      Apa yg dimaksud dengan Kepemimpinan , gaya kepemimpinan seperti apa yang seharusnya ada diperusahaan tersebut ?
6.      Menurut pendapat saudara apakah perlu kepada para karyawan tersebut diberikan motivasi. Jelaskan tentang jenis motrivasi !!
7.      Kemungkinan didalam perusahaan kurang terdapat pengawasan , pengawasan seperti apa yang seharusnya terdapat dalam perusahaan tersebut ??
                             ---------------------------------------------------------------------------------  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Management introducing uts 2019

MANAGEMENT INTRODUCTIONS   SOAL UTS         : 2019 /semester I , Waktu    : 1 jam. -------------------------------------------------...