Brand bukan sekedar logo atau nama perusahaan Anda,
melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan .
Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan
ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk.
Brand
adalah adalah segala sesuatu yang
terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan – semua atribut, baik yang
berwujud maupun tidak berwujud. Ini adalah apa yang harus di perjuangkan, apa
yang harus di lakukan,dikatakan dan di tampilkan
ke depan publik. Pe
Pengertian Merek atau Brand
Ibaratnya, brand
bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Meskipun Anda mungkin
menemukan beberapa hal yang membuat Anda tertarik dengan seseorang, namun untuk
menciptakan hubungan yang mendalam, Anda haruslah memiliki nilai-nilai,
peminatan, dan otentisitas yang sama. Hal yang sama juga berlaku bagi
perusahaan. Koneksi yang mendalam dan tahan lama hanya bisa terjalin jika
pelanggan dan klien berbagi nilai dengan Anda. Maka, semakin baik Anda
mendefinisikan nilai-nilai Anda, bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut,
dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan Anda, semakin dalam pula koneksi yang
Anda ciptakan.
Jangan anggap
enteng brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki
perusahaan. Brand memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan
mendapatkan hasil jangka panjang.
Branding termasuk
komponen penting yang ikut menentukan proses pengambilan keputusan membeli bagi
pelanggan.
Brand yang baik akan menempatkan
perusahaan/ produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi
pilihan utama. Brand, jika dikembangkan dengan baik, pun dapat menjadi
wadah tunggal untuk mempromosikan bisnis, merangsang pengalaman yang unik,
menciptakan ikatan khusus dengan pelanggan, serta memelihara konsistensi dengan
kualitas layanan yang ditawarkan.
Satu hal yang
harus Anda pahami adalah, kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi
sensorik. Artinya, kita mendasarkan penilaian kita pada hal-hal yang dapat
diterima panca indera kita, seperti stimulasi visual, rasa, bau, sentuhan
dan suara, dan kita melakukan ini bahkan di alam bawah sadar kita. Jadi, kita
sangat terbiasa mengait-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan
harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya.
Mengapa kita
harus memahami hal itu? Sebab, hal itu akan sangat membantu kita dalam membuat brand
yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa
perusahaan Anda. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi
kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah
identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan.
Contoh Starbucks.
Begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda?
Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas?
Itulah identitas yang disematkan pada Starbucks. Itulah branding
Starbucks.
Perbedaan Brand Dan Merek
Perbedaan brand dan merek yang
harus anda ketahui, pernakah anda membeli sebuah produk misal sabun mandi
kemudian membaca dengan seksama tulisan yang ada dalam kemasannya? Bagaimana
Anda menyebut tulisan tersebut, brand atau merek? Lalu apa perbedaan dari brand
dan merek? Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merek mempunyai
arti tanda yang diberikan oleh pengusaha (pabrik, produsen, dsb.) pada barang yang
dihasilkan sebagai tanda pengenal. Sedangkan brand merupakan janji yang
diberikan penjual kepada pembeli untuk keistimewaan, manfaat, keunggulan dari
barang maupun jasa yang dikonsumsi.
Perbedaan brand dan merek bagaikan
dua sisi mata uang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Merek adalah
nama dan identitas sebuah produk sedangkan brand adalah citra yang ingin dibangun
oleh sebuah merek. Hampir semua jenis produk baik barang maupun jasa memiliki
merek. Seperti nama bagi seorang anak yang mengandung doa serta harapan,
merek bagi sebuah produk juga menjadi harapan agar diminati dan dipilih oleh
para konsumen. Mengingat bagaimana vitalnya peran bagi sebuah produk maka harus
direncanakan secara masak-masak.
Beberapa syarat dasar dari merek
yang baik diantaranya mudah diingat dan unik. Selanjutnya adalah membagun citra
atau brand dari perusahaan pemilik produk yang diselipkan melalui merek yang
dikeluarkan. Salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih produk adalah
merek. Konsumen melihat merek sebagai bagian yang vital dari sebuah produk.
Melalui merek konsumen terbantu untuk mengenali karakteristik sebuah produk dan
membuat konsumen berbelanja secara efisien. Setiap produk yang dipasarkan
mempunyai perbedaan satu sama lain. Semakin beragam produk makin beragam pula
merek serta citra yang ingin dibangun.
Pengaruh brand dan merek bagi
sebuah produk memang sangatlah penting. Melalui merek inilah konsumen
mempertimbangkan untuk membeli atau tidak produk tersebut. Dalam era masyarakat
yang kian konsumtif dimana konsumsi atas suatu barang lebih didasarkan kepada
gengsi suatu barang dan bukan didasari atas fungsi dari barang tersebut.
Kemajuan teknologi telah membuat dunia tidak lagi tersekat oleh batas-batas
seperti jarak. Anda sekarang di Jakarta dapat membeli produk dari India melalui
aplikasi belanja online.
Hal inilah yang membuat persaingan
pasar semakin ketat dan kompetitif. Barang siapa tidak dapat berinovasi serta
minim kreativitas dapat dipastikan akan gugur atau bahkan gulung tikar. Merek
yang sudah mempunyai tempat dihati para konsumen adalah bentuk dari inovasi
yang dibarengi dengan komitmen untuk memberikan yang terbaik. Perbedaan brand
dan merek bagi masing-masing perusahan muncul karena setiap perusahaan
mempunyai identitas serta visi yang berbeda. Beberapa merek sebuah produk
bahkan ada yang telah bertahan puluhan hingga seratus tahun dari mulai
perusahaan tersebut berdiri. Dengan dapat bertahan dalam kurum waktu lama
tentunya produk tersebut selalu mempertahankan kualitas serta inovasi yang
terus menerus.
Perbedaan brand dan merek yang
setipis benang memang terkadang membingungkan konsumen mana yang merek dan
citranya. Banyaknya brand serta merek baru yang muncul dengan berbagai konsep
yang ditawarkan telah mengaburkan pandangan masyarakat soal merek dan brand.
Mudahnya pemasaran melalui iklan
yang kini setiap saat muncul lewat televisi membuat konsumen dijejali dengan
berbagai jenis merek setiap harinya. Gempuran iklan yang terus menerus dapat
membuat konsumen semakin konsumtif atau justru sebaliknya selektif. Perbedaan
brand dengan merek yang ada bagi sebagian konsumen menjadikan mereka lebih
cermat dan menimbang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk.
Banyaknya pilihan yang ada memungkinkan konsumen untuk memilih mana yang
terbaik diantara pilihan yang ada. Akan tetapi apabila konsumen malah terbuai
dengan berbagai macam iklan serta pilihan yang ada dapat dipastikan konsumen
terjerumus kedalam jurang tak berdasar bernama konsumtif.
Kembali kepada konsep membeli sesuai
dengan apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan dapat menghindarkan anda
menjadi konsumtif. Karena apabila menuruti keinginan yang ada maka tidak akan
pernah dapat merasa cukup dan puas. Demikian ulasan mengenai merek, Jadi ingat
untuk membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan anda bukan keinginan.
BRAND dan MEREK pada dasarnya adalah
dua hal yang berbeda.
Menurut American Marketing Association, MEREK adalah suatu nama, simbol,
istilah rancangan atau pun kombinasi dari semua hal-hal tersebut. Adapun yang
menjadi tujuan pemberian merek ini adalah untuk mengidentifikasi suatu produk
pun jasa dengan demikian menjadi berbeda dengan produk/jasa yang diproduksi
oleh pesaing.
Adapun yang dimaksud dengan BRAND adalah image, citra atau pun persepsi
seseorang atau konsumen terhadap suatu produk. Brand ini adalah kombinasi
lengkap dari asosiasi yang orang-orang bayangkan saat mendengar produk atau
nama perusahaan disebutkan.
Meski berbeda, namun merek dan brand
bagai 2 sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan.
Jadi Perbedaan antara merek dan brand
adalah bahwa merek merupakan identitas suatu produk sementara brand lebih
kepada citra yang (hendak) dibangun oleh merek.
Merek atau
Brand adalah seuatu kepribadian sebuah perusahaan. Ini
semua mencakup filosofi dari perusahaan, budaya dan produk atau jasa. Semua
merek membawa pengalaman unik kepada pelanggan dalam jangka panjang, dan
membentuk afiliasi dengan nama merek perusahaan.
Sebuah
merek juga membedakan perusahaan dari para pesaingnya. Perusahaan yang
menciptakan identitas merek yang mudah diakses dan menarik bagi pelanggan telah
memberikan keuntungan. Sehingga setiap produk atau layanan yang ditawarkan
dikenal dari mereknya. Branding juga menjadi citra perusahaan secara
keseluruhan yang dikomunikasikan melalui website, kartu nama dan pemasaran
lainnya. Maka Perusahaan konsultasi merek memainkan peran yang cukup berharga
untuk menempatkan image brand perusahaan. Jadi jangan pernah menganggap remeh
pada penting sebuah merek dari sebuah bisnis.
Pengertian Logo
salah satu dari banyak komponen yang bekerja dari sebuah merek.
Logo merupakan ilustrasi grafis dari identitas merek perusahaan, representasi
visual yang mudah dikenal sebagai nama, simbol, merek dagang atau warna yang
ditetapkan. Logo dapat menjadi tanda tangan merek sebuah perusahaan, logo mudah
dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan menjadi citra posisi perusahaan.
Kadang dengan Logo yang sudah mapan tentu dapat memberikan manfaat yang besar
dan menggambarkan citra perusahaan yang baik atau buruk.
Merancang
logo tidak boleh dianggap enteng. Logo yan ideal harus mewujudkan jantung dan
jiwa dari sebuah perusahaan. Ini harus menjadi representasi unik dari
kepribadian perusahaan.
Hubungan merek dan logo
Sebuah fungsi
logo adalah sebagai salah satu dari banyak bagian strategi merek perusahaan,
sehingga langsung menghubungkan dengan pelanggan. Demikian juga image brand
perusahaan yang kuat ditingkatkan di mata publik dengan pengakuan langsung dari
Logo.
Tapi Logo dapat
menarik pengakuan positif hanya jika sebuah perusahaan mengakui kehadiran merek
mapan di pasar. Apakah logo sangat memberikan efek yang kuat atau lemah? Jika
pelanggan tidak menyadari citra merek, artinya logo tidak memberikan respon
yang baik dan tidak akan memicu kesan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena
itu, perusahan perlu fokus pada merek sebagai gambaran yang lebih besar dan
melihat logo mereka sebagai bagian berharga dari strategi keseluruhan
merek.
Perusahaan
membutuhkan keduanya, merek yang kuat dan identitas merek meyakinkan untuk
posisi bisnis mereka dan mendorong pertumbuhan. Karena logo dianggap sebagai
lebih nyata, perusahaan sering fokus mengubahnya daripada perubahan dalam
strategi merek mereka secara keseluruhan.Oleh karena itu, menjadi sangat
penting bagi mereka untuk memahami bahwa logo merupakan hasil dari
"merek" yang mengeksplorasi persepsi visi, misi, nilai dan pelanggan
mereka.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.